banner 468x60

Sistem Among Dalam Budaya Bugis Bone

 BUDAYA
banner 468x60

Bone – Sistem Among merupakan salah satu metode yang biasa diterapkan dalam dunia pendidikan. Sistem Among ini mulai diperkenalkan oleh. Ki Hajar Dewantara yang merupakan Bapak Pendidikan Di Indonesia.

Sistem Among ini memuat tiga hal, yang tampak jelas dalam kalimat Ing Ngarso Sung Tulodo (Di depan menjadi contoh/teladan), Ing Madya Mangung Karso (Di tengah membangun semangat) dan Tut Wuri Handayani (Di Belakang memberi dorongan dan bantuan). Dalam konteks kebudayaan, khususnya Bugis Bone juga mengenal sistem Ini yakni Ri olo Na Patiroang, Ri Tengnga Na Paraga-raga dan Ri Munri Mangampiri (Sistem Among).

Hal inilah yang disampaikan oleh Abdi Mahesa, yang merupakan salah satu Pegiat Budaya di Sulawesi Selatan ketika didaulat menjadi salah satu nara sumber pada dialog Budaya di Kampus IAIN Bone, Sabtu (7/7/2018). Dalam pemaparannya, ia menyampaikan bahwa agama dan kebudayaan pada dasarnya adalah dua konsep yang dapat berjalan bersama dan beriringan.

Ada dua hal yang bisa menyebabkan kebudayaan masih dapat dikatakan berkembang. Pertama, masih ada budaya yang dijumpai (Ide) dan masih adanya berbagai kegiatan-kegiatan budaya misalnya permainan tradisional.

Menurutnya, terdapat berbagai ketimpangan dan problematika dalam melestarikan kebudayaan. Salah satunya adalah siapa penanggungjawab terhadap situs-situs budaya apakah Balai Pelestarian Cagar Budaya ataukan Pemerintah Daerah dalam hal ini adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

“Dalam hal lain, misalnya permainan-permainan tradisional telah terkikis oleh permainan-permainan modern yang berbasis android dan Aplikasi. Padahal dalam permainan tradisional ini mengajarkan kita tentang pengetahuan, kejujuran, tanggungjawab, solidaritas dan berbagai hal positif lainnya,” ungkap pria yang juga merupakan mahasiswa Jurusan Sastra Bugis Makassar, Universitas Hasanuddin ini.

 
sumber : https://pramukapos.com/satriajaya/sistem-among-dalam-budaya-bugis-bone.html
banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply