BERITA TERKINI

Penukal Utara PALI gelar Musrenbang TA 2020



PALI, SIKAP Indonesia - Kecamatan Penukal Utara menggelar Musyawarah Rencana Pembanguan (MUSRENBANG) untuk Tahun Anggaran 2020, guna menyerap pembangunan fisik maupun non fisik sebagai Aspirasi Masyarakat dalam lingkup Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ( PALI), Kamis (05/02/2020).

Dalam acara ini dihadiri OPD/Instansi se Kabupaten PALI dan unsur Muspika serta 13 Kepala Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tenaga Pendidik, TNI (Babinsa), Polsek Penukal Utara serta  Tim Penggerak PKK sekecamatan Penukal Utara.

Kegiatan yang dipusatkan di balai serbaguna Kecamatan Penukal Utara,  dibuka langsung oleh Bupati kabupaten PALI. Heri Amalindo,MM yang diwakili Drs Usman Gumanti, Msi Asisten II Sekretariat Daerah bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Dalam sambutannya beliau lebih menitik beratkan pada etos kerja yang baik dan menyusun perencanaan pembangunan secara berkesinambungan, serta menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik. Juga sama pentingnya menghimbau pada para kepala desa agar setiap perencanaan selalu mengedepankan musyawarah bersama masyarakat termasuk berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait sehingga Pembangunan dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

Camat Penukal Utara Maka Giansar, SH selaku Ketua Pelaksana Penyelenggara Musrenbang Tingkat Kecamatan,  menyampaikan terima kasih atas antusias peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik. Juga Camat Wong Penukal ini, melaporkan dihadapan Bupati Kabupaten PALI diwakili Assisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi berserta OPD atau Instansi terkait, bahwa pihak Kecamatan Penukal Utara selalu melakukan Bimbingan dan Pembinaan pada Kepala Desa berserta perangkat perangkatnya termasuk Tim Penggerak PKK Desa, agar mareka dapat bekerja sama dan selalu berkoordinasi setiap kegiatan di desa, juga menekankan pada kepala desa dan perangkatnya terus belajar dan memahami tugas dan fungsinya  dari jabatan masing masing sebagaimana yang diamanatkan oleh masyarakat.

Lebih lanjut Abul Rustoni, Sip Kepala Desa Prabumenang selaku juru bicara penyampaian aspirasi para Kepala Desa sekecamatan Penukal Utara,  mengharap agar instansi instansi terkait  selalu dapat meng akomudir kebutuhan dan prasarana Masyarakat pedesaan, yang mana keuangan desa melalui ADD dan Dana Desa sangat terbatas, terkhusus infrastruktur jalan, jembatan, penerangan,  dan gedung gedung termasuk sentra pelayanan dan fasilitas ekonomi kerakyatan.

Hal senada ditambahkan oleh Suharto BA, Tokoh Muda asal Tempirai mengharapkan peningkatan pengaspalan Jalan Tempirai - Prabumenang sepanjang 9 KM, dapat di anggarkan dalam Musrenbang Kabupaten PALI, mengingat kondisi jalan ini sudah menjadi buah bibir masyarakat untuk minta di tingkatkan kualitasnya.

Demikian, menanggapi banyaknya pertanyaan peserta tentang pembangunan kedepan, dengan responsif dan rinci Instansi yang terkait memberikan penjelasan dan tanggapan. Pada kesimpulannya dihimbau setiap aspirasi masyarakat agar membuat Proposal tertulis sehingga OPD yang membidangi mempunyai data untuk dipertimbangkan,  dan nantinya BAPEDA sebagai pusat kajian dan telaan dapat menentukan skala perioritas pembangunan yang akan datang. (Tim)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.