BERITA TERKINI

Antisipasi Karhutla Koramil Tanjung Enim Giatkan Sosialisasikan di Desa Binaan

 



MUARA ENIM, Khatulistiwa news (24/9)- Sebagai bentuk pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan,(Karhutla) pada saat memasuki musim kemarau Babinsa Koramil 404-05 Tanjung Enim geliatkan sosialisasikan pencegahan Karhutla bagi masyarakat Desa binaan nya di Desa Bedegung, kecamatan Panang Enim, kabupaten Muara Enim. Sabtu, (24/9/2022). 


Dandim 0404 Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar melalui Danramil 404-05 Tanjung Enim Kapten Czi Sujarwo mengatakan, sosialisasi pencegahan Karhutla bagi masyarakat yang di lakukan oleh anggota nya tersebut merupakan sebagai bentuk tanggung bagi jajaranya dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban bagi masyarakat terutama dalam pencegahan kebakaran hutan.


" Ini sudah memasuki musim kemarau, sudah barang tentu, apa bila kami tidak secara intensif melakukan sosialiasikan pencegahan Karhutla ini bagi masyarakat. Pastinya, masyarakat akan secara bandel melakukan membuka lahan dengan cara di di bakar seperti ini ," ujarnya Danramil kepada media ini.


Lanjutnya, Danramil menjelaskan Karhutla merupakan sala satu bencana alam yang dapat menganggu bagi seluruh lapisan masyarakat akibat dari debu asap Karhutla yang dihasilkan karena akan di hisap oleh masyarakat sehingga dapat menimbulkan beragam penyakit.


" Dari itu saya saya himbau bagi masyarakat, hindarilah terjadinya Karhutla ini alangkah lebih baiknya apa bila ingin membuka kebun dengan cara di tebas saja. Karena apa bila kedapatan masyarakat membakar hutan akan ada sangsi pidana harus di pertanggung jawabkan ," bebernya.


Sementara itu, Babinsa Serda Aang menjelaskan kegiatan palaksanaan patroli  pengawasan dan sosialisasi pencegahan Karhutla bagi masyarakat di wilayah Desa binaanya rutin ia lakukan. Guna dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan bagi masyarakat yang gemar membuka lahan pada musim kemarau dengan cara membakar.


Lanjutnya, mengingat ini memasuki musim kemarau saat ini dirinya trus memberikan upaya pemahaman bagi masyarakat yang tinggal disekitar hutan, ada baiknya untuk menghindari membakar rumput ataupun saat membuka lahan dengan cara tidak di bakar karena itu dapat berpotensi terjadinya kebakaran hutan. 


" Oleh karena itu, kami trus Sosialiasakan Karhutla ini kepada masyarakat, namun apa bila masi ada kedapatan, terbukti, membandel bagi masyarakat dengan sengaja membakar hutan sehingga terjadi Karhutla tentunya siap-siap saja berurusan dengan hukum dan kami tidak segan-segan menindak nya itu ," pungkasnya. (Deri)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.