BERITA TERKINI

PT. MAL alias RPJ Duduki Kawasan Hutan




INDRAGIRI HULU,Khatulistiwa newsv (27/09) - Terkait aktifitas PT.Mulia Agro Lestari ( MAL ) alias PT. Runggu Prima Jaya ( RPJ ) di daerah Desa Pesajian Kecamatan Peranap dan Anak Talang Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ) Provinsi Riau, di tuding menduduki kawasan hutan tanpa izin.


Aktifitas PT MAL berkedok Koperasi Jasa Tani Sawit Mulia Lestari ( JTSML ) itu, belum ada tindakan instansi terkait, baik dari  Aparat Penegak Hukum ( APH ), maupun dari instansi hingga saat ini.


Kejadian tersebut di sesalkan Ketua Riau Social Work (RSW) Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ) Provinsi Riau, Justin SH pada awak media Selasa, ( 27/9-2022 ).


Jika areal PT MAL alias RPJ merubah fungsi di kawasan hutan yang di lindungi , berarti tindak pidana. “Ada apa ko terjadi pembiaran sesuai ketentuan yang di atur dalam UU, artinya pemilik saham tersebut di nilai kebal hukum.”


Di akui Justin, pihaknya pernah mengurus perizinan tentang lahan perkebunan yang   di kelola PT MAL pada Tahun 2011 silam kepada Bupati Inhu, tapi di tolak dengan alasan masuk kawasan. Hanya saja aktifitas perusahaan yang di anggap kebal hukum itu, tetap berjalan.


Meski demikian, kita akan melaporkan kepada penegak hukum maupun lembaga terkait lainnya, atas pengelolaan dan dugaan pidana kehutanan yg mengatasnamakan  lembaga, koperasi ataupun masyarakat di sana tanpa ijin di atas kawasan hutan lindung tersebut.”tandas Justin 


Menyinggung kebun plasma untuk masyarakat tempatan melalui koperasi JTSML yang ada di tubuh PT MAL alias RPJ, di bantah Kepala Desa Pesajian Kecamatan Batang Peranap, Husni Thamrin.


Sejak perusahaan beraktifitas melakukan pengolahan perkebunan di daerah Pesajian, tidak ada kebun untuk masyarakat.”jelas singkat Husni.


Komisi II DPRD Inhu, Sugeng Riono berjanji akan sidak dan memanggil pemilik saham. Jika benar PT.MAL tidak mengantongi legalitas.


“Tunggu di atur waktu untuk turun bersama rekan dewan lainnya di Komisi II, dan berkordinasi dengan pimpinan dengan tidak terlalu lama.”tandas Fraksi Demokrat asal dapil II wilayah kecamatan Batang Cenaku, Batang Gansal dan Seberida itu serius.”tutupnya ( Frasetia ).

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.