BERITA TERKINI

Sehaty Rescue dan Tim Medis RS Carolus-Univ Atmajaya Turut Bantu dan Terjun Langsung Penanganan Kesehatan serta Donasi bagi Korban Gempa Cianjur

 



JAKARTA, Khatulistiwa news (30/11) - Penanganan tanggap darurat Bencana Gempa Bumi di Cianjur terus berlanjut dan menguatkan solidaritas sesama anak bangsa, dgn spontanitas memberikan bantuan. Bantuan dari pemerintah dan berbagai elemen anak bangsa ini membangkitkan harapan baru bagi para korban. Dalam kesempatan ini Organisasi Sahabat Selalu di Hati (SEHATY) melalui salah satu badan otonomnya yakni Sehaty Rescue pun turut bergerak dengan menggalang bantuan atau donasi dan terjun langsung membantu para korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur ini.


Sehaty Rescue yang dikomandoi oleh Roy Hendra ini membuat posko kemanusiaan di Kp. Cisarua, Desa Sarumpad Kec. Cugenang Cianjur sejak 26 November lalu. Aktifitas Posko kemanusiaan ini adalah membantu para korban bencana hingga masa recovery atau pemulihan.


Selain menyalurkan sembako pada awal bencana gempa, saat ini Sehaty Rescue juga menggelar dapur umum dan pemeriksaan kesehatan keliling. Dalam hal ini Sehaty Rescue berkolaborasi dengan relawan medis RS Carolus dan Relawan Medis Univ Atmajaya.


“Mulai hari Minggu lalu (27/11) kami mulai melakukan pertolongan medis kepada para pengungsi yg menderita luka atau sakit, Alhamdulillah kita berkolaborasi dengan relawan RS Carolus dipimpin dr. Thomas dan Ibu Nining Psikolog dari Univ Atmajaya. Kami datangi satu persatu korban di beberapa kampung sekitar desa Sarumpad ini, dan berikan bantuan kesehatan” kata Roy Hendra Kord Sehaty Rescue.


Lebih lanjut Roy berharap agar penanganan pasca bencana ini lebih massif agar warga terdampak gempa bisa kembali hidup normal. Dan Roy juga memberikan himbauan jika ada pihak2 yg ingin turut membantu lebih lanjut dapat dilakukan dengan cara transfer dana melalui rekening bank atau secara langsung datangi posko kemanusiaan yang di kelola oleh tim Sehaty Rescue ini di Kp. Cisarua RT 02/RW 04 Desa Sarumpad, Kecamatan Cugenang, Cianjur ini.


“Kami dari SEHATY Rescue telah membuka posko kemanusiaan pada Sabtu, 26 Nov lalu untuk Secara langsung membantu korban gempa di lapangan dengan selenggarakan dapur umum dan pemeriksaan kesehatan keliling,” kata Rosa salah satu relawan Sehaty Rescue lebih lanjut.


Menurutnya, sampai saat ini para pengungsi korban gempa Cianjur ini masih tetap sangat membutuhkan bantuan mulai dari bahan pangan, pakaian, dukungan kesehatan, hingga kebutuhan hidup sehari-hari lainnya. Karena penanganan pasca bencana juga tidak kalah penting. Termasuk merehabilitasi trauma psikis, menjaga kesehatan dan membangun kembali pemukiman warga yg rusak atau hancur.


Untuk itulah Sehaty Rescue selain menyalurkan bantuan Sembako, dan pelayanan kesehatan melalui Posko Kemanusiaan yg sudah berjalan juga membuka Dapur Umum untuk menyiapkan makanan siap saji untuk para pengungsi.


Untuk donatur yang ingin mengirimkan donasi dalam bentuk uang bisa melalui SEHATY Rescue melalui rekening Bank BCA 0700188990, atau menyalurkan bantuan secara langsung melalui posko kemanusian di Kp. Cisarua, Desa Sarumpad, Kec. Cugenang, Cianjur, ujar Roy Hendra lebih lanjut.


Sementara itu dihubungi ditempat terpisah, Ketua Umum DPN SEHATY, Erwin H Al-Jakartaty mengatakan bahwa pihaknya mendorong Sehaty Rescue agar turut berperan aktif menghadapi bencana ini, dan adanya bantuan penggalangan dana ini dan terjun langsung ke lapangan diharapkan bisa membantu sesama, terutama para korban gempa bumi ini.


Erwin yg juga Wadankonas Menwa Indonesia ini menambahkan, mengapresiasi Banyak pihak seperti BNPB, BASARNAS, PMI, TNI/POLRI, Pemerintah dan berbagai organisasi Masyarakat lainnya yg segera membantu para korban dan berharap bahwa proses bantuan ini bisa berjalan dengan lancar dan maksimal sehingga korban luka dan trauma akibat gempa bisa secepatnya pulih. Terutama kepada pihak2 yg telah melakukan kolaborasi sosial dengan Sehaty Rescue.


Sehaty Rescue melakukan upaya penggalangan dana mulai Selasa lalu (22/11) hingga 20 Desember mendatang, dan terus membuka Dapur umum dan pelayanan kesehatan dimasa tanggap darurat yg diberlakukan pemerintah atas bencana gempa bumi Cianjur. Dan juga akan melakukan aktifitas trauma-healing bekerjasama dgn pihak lain untuk menghibur anak-anak korban bencana ini.(Niko) 

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.