BERITA TERKINI

Menjaga Tradisi Kearifan Lokal Desa Karang Raja, DPC PJS Muara Enim Adakan Giat Melemang




Muara Enim, Khatulistiwa news Dewan Pimpinan cabang Pemerhati Jurnalis Siber (DPC PJS) Kabupaten Muara Enim ikut menyemarakan dan menjaga tradisi kearifan lokal Desa Karang Raja "Melemang", bertempat di rumah Bendahara DPC PJS Muara Enim Hendi Wijaya di dusun 4 desa Karang Raja Muara Enim. Kamis, 27/07/23.malam tadi


Hal tersebut di ungkapkan Ketua DPC PJS Muara Enim, Peryanto saat dijumpai awak media ini. Tradisi melemang di adakan setiap tahunnya sejak ratusan tahun silam secara turun temurun oleh warga masyarakat desa Karang Raja lebih tepatnya saat tanggal 10 Muharam. 


"Sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang di berikan berkah atas rezeki atas dasar tersebut acara melemang di adakan seluruh warga Desa Karang Raja," ungkap Peryanto.


Lanjut Peryanto mengatakan, selain menjaga tradisi melemang ini, ini adalah sebagai bentuk menjaga silaturahmi warga desa atau daerah sekitaran Kabupaten Muara Enim yang hingga kini terjaga dengan baik.


"Tradisi ini harus terus dilestarikan jangan sampai tergerus oleh zaman," imbuh Peryanto.


Lebih lanjut Peryanto mengharapkan kepada pemerintah setempat ataupun pemerintah kabupaten untuk terus mensuport kearifan lokal ini, terlebih saat ini  bahan baku seperti bambu khusus melemang ini sudah mulai berkurang.


"Sepertinya harus disediakan lahan khusus oleh pemerintah untuk menanam bambu khusus melemang ini," tutup Peryanto.


Masih di tempat yang sama Eko Mardianto juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak hingga acara melemang tahun ini dapat terlaksana.


"Tanpa bisa di sebutkan satu persatu mewakili teman teman DPC PJS Muara Enim  dari lubuk hati yang paling dalam semoga silaturahmi dan tradisi ini tetap terjaga dengan baik," pungkas Sekretaris DPC PJS Muara Enim Eko Mardianto. (Hamid) 

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.