BERITA TERKINI

Ciptakan Soliditas, ASEX 01-Natuna Gelar Aktifitas Kemanusiaan Peduli Sesama

 


NATUNA, Khatulistiwa news (28/08) - Kegiatan Engineering Civic Action Program Encap (ENCAP) atau rahabilitasi/perbaikan rumah  untuk menumbuhkan solidaritas negara Asean yang tergabung dalam   Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) ASEX 01- Natuna (Asean Solidarity Exercise). Pada  bulan Agustus 2023  Asex 01-Natuna sudah mulai melakukan aktifitas kegiatan kemanusian sosial  seperti melakukan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Perbaikan  RTLH hingga kini  masih dalam proses   rehabilitasi  sekitar  5 buah rumah  yang berada di Pulau Sabang Mawang, Natuna.Senin (28/8/2023)

 

Koordinator  rehabilitasi   yang tergabung dalam ASEX 01-Natuna terdiri dari TNI dan masyarakat setempat masih melaksanakan pembongkaran 5 rumah tersebut. Untuk rehabilitasi  diantaranya,  rumah Bapak Tony, Bapak Zarifin Ibu Surtina dan Bapak Prehaten dibongkar seratus persen karena sudah rusak berat. Kini ke 4 rumah    masih sedang aktifitas   pemasangan tiang tongkat, pemasangan bantalan papan/lantai, pemasangan atap dan resplang, pembuatan kamar mandi dan pemasangan rangka plafon  dan pemasangan kuda-kuda atap. 


Sedangkan untuk rumah Bapak Aprianto,  akan dimulai direhabilitasi pada 1 September 2023. Ke 5 rumah RTLH direncanakan akan rampung dan penyerahan kunci tepat   pada 23 September 2023  bertepatan  saat acara penutupan Latgabma ASEX 01-Natuna mendatang yang akan dilaksanakan di Pulau Sabang Mawang Natuna. 


Rehabilitasi sejumlah rumah penduduk  tersebut merupakan bentuk kepedulian kemanusian dalam  rangkian kegiatan Asex 01 - Natuna   yang melibatkan unsur- unsur Militer dan Sipil   dari negara Asean yang baru  pertama kali diadakan  dengan  TNI  sebagai   koordinator utama.  Menurut rencanya selain rehabilitasi RTLH oleh Asex 01- Natuna juga akan melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya    seperti  pengobatan massal, sunnatan masal, pembagian sembako  dan kegiatan lainnya. Kegiatan Asex 01- Natuna rencananya akan dibuka oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Batam pada 19 September 2023 dihadiri oleh seluruh  Panglima Militer anggota Asean. (Niko) 

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.