Muara Enim Khatulistiwa News – Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah bersama perangkat Pemkab Muaraenim melaksanakan sholat Ied bersama melakukan pemotongan kurban di Masjid Agung, Muara Enim, pada Kamis (29/6/2023)

“Alhamdulillah tahun ini kita di seluruh Indonesia dapat melaksanakan shalat Ied berjamaah di masjid-masjid atau pun di lapangan terbuka, dengan tentunya tetap memperhatikan dan memastikan hewan,” ujar Kaffa.

Hewan kurban tidak sedang terpapar penyakit kuku dan mulut (PMK). Untuk memastikan hal tersebut, beberapa
minggu menjelang Hari Raya Idul Adha ini ia telah menginstruksikan dinas terkait bekerja sama dengan panitia hari raya di tiap-tiap kecamatan untuk memeriksa seluruh hewan kurban di Kabupaten Muara Enim agar dipastikan benar-benar dalam kondisi sehat dan bebas dari penyakit PMK. Para jamaah Shalat Id sekalian yang berbahagia,

“Dapat saya sampaikan bahwa tahun ini
terdapat 363 orang jamaah haji asal
Kabupaten Muara Enim yang tergabung
dalam kloter 15 Embarkasi Palembang
sedang melaksanakan ibadah haji di tanah,” ujarnya.

Bupati juga mengajak, bersama agar para jemaah haji, khususnya dari Kabupaten Muara Enim diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menyelesaikan seluruh tahapan ibadah haji dan semuanya dapat kembali pulang ke tanah air dalam keadaan sehat walafiat tanpa kurang suatu apapun, serta menjadi haji yang mabrur.

Melalui perayaan Idul Adha 1444 Hijriah ini marilah kita bersama mengambil hikmah pelajaran dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Keduanya berhasil mengalahkan hawa nafsu dengan tauhid, demi membuktikan pengorbanan dan kesetiaan kepada Allah.

Kemudian Idul Adha-pun mengajarkan untuk saling berbagi, menjalin ukhuwah atau hubungan baik antar-sesama masyarakat, meningkatkan kepekaan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, termasuk bagi para aparatur pemerintahan agar hendaknya konsisten setia dalam mendedikasikan diri melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya dan menyukseskan seluruh program pembangunan daerah.

“Mari kita doakan bersama agar kita semua, khususnya Bumi Serasan Sekundang dan Indonesia dijauhkan dari bencana, serta Kabupaten Muara Enim tercinta ini mampu membangun demi kesejahteraan rakyat dan menjadi negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” tuturnya.

Kaffa juga berpesan agar pelaksanaan penyembilhan hewan kurban dapat dilaksanakan dengan tertib, termasuk dalam pembagiannya harus tertib dan dibagikan secara merata.

“Saya-pun mengingatkan bapak, ibu sekalian saat ‘sanjo’ kunjung mengunjungi ataupun nantinya bepergian ke tempat wisata agar jangan sampai lalai. Pastikan rumah terkunci dengan baik, kompor, listrik dan keran air sudah dimatikan. Jaga kebersihan, ketertiban dan awasi dengan baik anak-anak di tempat wisata,” tutupnya