BERITA TERKINI

5 SMS JALAN UNTUK MENUJU KELUARGA SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH

 



Oleh :



Marsal ( Penghulu KUA Kecamatan Muara Enim )


Muara Enim,Khatulistiwa News.com-Setiap kali terjadi Ijab Qabul ( serah terima ), Aqad Nikah atau  pernikahan, untuk menyambungkan dua keluarga besar menjadi satu keluarga besar pada umumnya di sertai dengan suatu perpestahan besar atau kecil. Pada waktu itu semua keluarga besar, karib kerabat, handai tolan, teman sejawat di undang dalam perayaan tersebut. 


Dalam resepsi menyambut terbentuknya keluarga baru. Kebanyakan orang tua terlupa memberikan bimbingan atau nasehat bagi putra putri mereka yang segera akan memasuki jenjang pernikahan, pada umumnya mereka hanya sibuk mencari jodoh yang terbaik dan tepat bagi putra putri mereka.


Untuk itu saya punya 5 trik atau langkah untuk menuju keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah yang perlu di usahakan oleh keluarga baru itu ada lima SMS Yaitu : 


1. Saling Menerima Sesama ( SMS )

Pertama sekali yang harus di mulai kedua kedua mempelai yang baru harus saling menerima sesama, menerima isteri dan keluarganya dan menerima suami dan keluarganya, Sebagai suami isteri  perlu adanya sikap saling menerima sesama. Penerimaan atas pihak lain merupakan langkah menuju terciptanya ketenteraman dalam keluarga, karena masing masing orang mempunyai ke pribadian dan sifat yang tidak sama. 


Perbedaan tidak perlu memutuskan atau meretakkan hubungan karena perbedaan itu dapat di terima oleh kedua mempelai atau kedua keluarga yang telah di ikatkan oleh kedua mempelai. Jika tidak ada saling menerima sesama maka keadaan keluarga akan menjadi tidak baik, lambat laun akan terjadi retaknya hubungan, penerimaan itu harus secara menyeluruh ( Konprehensif ) terhadap keluarga masing masing kedua bela pihak, boleh jadi satu keluarga dari keluarga yang memadai  dan hidup di lingkungan perkotaan, sedang pihak yang satunya dari keluarga yang hidup di desa dengan segala adat kebiasaan dan kehidupan sera sederhana.


2. Saling Mengerti Sesama ( SMS ) mengerti watak, pekerjaan, bahasa, adat istiadat isteri, mertua, saudara saudaranya, temen tennya dan keluarga besar suami dan isteri. Dengan adanya saling mengerti ( pengertian ) sesama berarti bahwa kelebihan dan kekurangan masing masing sama sama di ketahui dan tidak ada di sembunyikan, maka tidak ada yang curiga mencurigai sesama disebabkan keduanya telah terbuka.

Masa perkenalan, pertunangan dan hubungan baik sebelum pernikahan tidak dapat mengungkap semuanya itu, apa lagi bila seseorang  telah c jatuh cinta, tidak ada yang tidak dapat di terima, karena cinta itu memang membutakan mata hati terhadap kenyataan


3. Saling Harga Menghargai Sesama ( SMS ) isteri dan suami secara Konfehensif ( menyeluruh ), kebutuhan manusia terhadap Harga menghargai sesama sangatla penting, baik itu terhadap anak anak, remaja dewasa maupun orang tua. Demikian pula halnya terhadap suami isteri, bila satu pihak merasa kurang di hargai oleh pihak lainnya ia akan merasa kecewa, bahkan mungkin akan marah atau ribut dalam rumah tangga tersebut karena tidak di hargai. Tidak jarang isteri minta cerai karena suami tidak menghargai isteri dan keluarganya begitupun sebaliknya. 


Rasa ingin di hargai mencakup pula penghargaan terhadap keluarga dan kerabatnya, bahkan orang akan tersinggung apabila keluarganya, sukunya dan bangsanya di hina. Tidak jarang terjadi perselisihan keluarganya di singgung. Suasana keluarga yang dahulu aman tenteram tidak ada masalah tiba tiba meledak menjadi ajang perdebatan antara suami dan isteri apabila ada kedua bela pihak menghina atau melecehkan keluarga besar mereka. 


Penghargaan suami isteri saja belum cukup termasuk juga penghargaan orang tua terhadap anak anaknya, pada umumnya kita tahu dan semua orang menyangka bahwa anak harus menghormati ibu bapaknya dan jarang orang menyangka bahwa irang tua perlu pula menghargai anak anaknya, demikian pula anak anak sesama mereka.

Penghargaan orang tua terhadap anak anaknya dapat di tunjukan dalam sikapmemoerhatikan kata, sikap, keinginan dan kebutuhannya. Si anak merasa senang dengan tanggapan orang tua terhadap keinginan, sikap, dan prilakunya. Walaupun keinginan dan oermintaannya tidak di kabulkan. Yang penting baginya adalah walaupun  tanggapan tersebut menunjuķan kesalahan atau kekurangannya. Dengan  demikian juga anak belajar dari orang tua. 


4. Saling Mempercayai Sesama ( SMS ). Saling mempercayai suami isteri sangatla penting, karena kehilangan kepercayaan akan menyebabkan masalah besar dalam keluarga, dan tidak jarang nembawa kepada saling curiga mencurigai sesama. Kecurigaan memudahkan terjadinya perselisihan dan keretakkan hubungan suami isteri. 


Diantara yang perlu di percayai oleh suami atau isteri adalah ucapan, perilaku dan kemampuannya. Apabila ucapannya tidak dapat di percayai maka percakapan di antara mereka tidak akan menarik, sebab masing masing tidak percaya terhadap apa yang di ucapkan oleh pihak suami atau isteri. Jika yang tidak di percayai itu perilakunya, maka suasana curiga mencurigai akan mewarnai kehidupan keluarga tersebut. Bila kemampuannya tidak di percayai, maka pihak yang tidak di percaya akan terpaksa bekerja keras untuk mengecek hasil kemampuannya.


Dilatihlah sejak dari awal saling percayai mempercayai dan jangan saling bohong membohongi sesama, apabila ada salah satu yang bohong dan tidak dapat di percaya maka yang satunya akan berbuat curang juga dan berkata tunggu pembalasannya ini yang tidak di inginkan oleh kita yang mau membentuk keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah.

Untuk itu percayaila suamimu/isterimu dan jangan percaya pada tetanggamu.


5. Saling Menyayangi Sesama ( SMS ) Suami isteri, kasih sayang merupakan kebutuhan jiwa yang terpokok di dalam kehidupan manusia. Maka kasih sayang di antara suami iateri perlu di bina  di kembangkan melalui berbagai usaha, dan perlu di hindari hal hal yang mengecewakan suami isteri contohnya perkataan yang merendahkan atau melecehkan diri, orang tua, sanak saudara dan temen temen suami isteri. Jangan sakiti fisiknya dan jangan lukai perasaannya tunjuķanlah perhatian terhadap ucapannya, kesehatannya, hobbynya, ibu bapak dan sàudara saudaranya. 



Sayangila Suami isterimu, ibu bapak mertuamu, saudara saudaranya baik isteri maupun suami sampai akhir hayat nanti faa Insya Allah keluargamu akan menjadi keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah apa bila lima SMS ini kita jalankan dengan baik dan benar.(Redaksi)


Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.