BERITA TERKINI

Irjend Pol Purn Ronnie Sompie Luangkan waktu bertemu Ahli waris keluarga Sumeisey Korban Mafia Tanah di Minahasa Utara

 


JAKARTA, Khatulistiwa news (27/02) - Ketua dewan Pembina Kerukunan Keluarga Kawanua, Bapak Irjen Pol (purn) Ronnie F Sompie menerima kedatangan 3 orang Wanita asal Kolongan dari Minahasa Utara yaitu Debby Sumarauw, Sendy Sumarauw dan Maria Taramen ( salah satu Anggota LSM asal Sulut) ,Minggu 26/2/23 dibilangan Tebet Jakarta Selatan. 


Mereka menceritakan maksud dan tujuan datang ke Jakarta adalah untuk memperjuangkan hak tanah Keluarga besar Sumeisey yang saat ini sudah digunakan untuk pembangunan Bendungan Kuwil." ujar Sendy kepada Tokoh Nasional yang dulunya hanya bisa dilihat lewat layar kaca. 


Kami bertiga sangat tersanjung dan bangga bisa bertatap muka langsung dengan Bapak Sompie saat ini, tambahnya lagi. 


Sendy Sumarauw menceritakan secara singkat, "Proyek pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan ternyata telah menyisakan kerugian dan derita yang bagi kami selaku pemilik lahan." tutur Sendy kepada Bapak Sompie. 


Kembali diceritakan  total kerugian kami sudah di estimasi sebesar nilai  6,4 Miliar Rupiah dengan kisar luas lahan 40.516 meter persegi (4 Ha) yang berlokasi di Desa Kolongan yang terlampir dalam Berita Acara Musyawarah Penetapan Bentuk Ganti Kerugian Pengadaan Tanah Pembangunan Gedung Kuwil Kawangkoan Nomor : 2845/BA/PT/XII/2018 tertanggal 21 Desember 2018.


Perjumpaan dengan Ketua Dewan Pembina Kerukunan Keluarga Kawanua terlihat sangat penuh keakraban, mantan Kapolda Bali juga mengatakan bahwa " Saya pun juga asal Tonsea" ujar Sompie.


Kembali dikatakan kedatangan kami adalah untuk bertemu langsung dengan Bapak Presiden Joko Widodo, Menkopolhukam Bapak Mahfud MD dan Bapak Mentri ATR/BPN dalam memperjuangkan hak-hak mereka tentang penggantian untung ketika tanahnya yang sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (19 Januari 2023) menjadi Bendungan kuwil di Sulawesi Utara , surat audiensi sudah kami masukan ke Staff Kemensetneg, dan lainnya. 


Kehadiran mereka telah diterima dengan sangat baik oleh Bapak Sompie. Beliau mendengarkan secara seksama apa disampaikan oleh Sumarauw bersaudara dan  memberikan saran yang bijaksana. 


Sompie katakan," Kalian tetap menjaga kesehatan selama dijakarta dan berpikir positif agar memperjuangkan keadilan dengan sesuai koridor Hukum yang berlaku." pinta Sompie. 


Beliaupun ikut merasakan keprihatinannya dengan kisah derita yang mereka alami, adapun pertemuan malam itu diliputi dalam suasana penuh keakraban. Dan juga mereka sangat senang bisa bertemu langsung dengan, " Sosok tokoh Kawanua sekaliber Irjen Pol Ronnie Sompie yang biasanya  hanya bisa dilihat di layar kaca ,namun saat ini kami bertemu  dan berbicara langsung dengan bapak Jenderal"tutup Debby Sumarauw. 


Bapak Ronnie Sompie pun bermurah hati mengajak mereka makan malam sebelum pulang ke rumah.(Hans Montolalu/niko)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.