BERITA TERKINI

JMSI Latih Santri Ponpes Menbuat Berita

 


INDRAGIRI HULU,Khatulistiwa news  (25/02) - Tak sedikit murid Ponpes Khairul Ummah di Desa Batu Gajah Kecamatan Pasir Penyu, sambut kedatangan pengurus inti Jaringan Media Siber Indonesia ( JMSI ).


Kunjungan tersebut, rangkaian Hari Ulang Tahun ( HUT ) JMSI yang bersamaan Hari Pers Nasional ( HPN ) sekaligus kegiatan pelatihan menulis cara buat berita.


“Papar Zulpen Zuhri Ketua JMSI Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ) di tengah santri Ponpes Khairul Ummah Sabtu, ( 25/2).


Di jelaskan, cara menulis yang baik hingga menarik di tengah publik, harus berlatih dasar untuk mengenal definisi berita. 


Sebab berita merupakan kejadian lama atau baru yang di teruskan para wartawan lewat karya jurnalistik.


Kunci cara buat berita lanjut Zulpen, harus mengenal dari kunci bahasa 5 W + 1 H untuk mengatur paragraf tulisan yang tersusun dengan baik.


Contoh ada laka lantas di jalan dan bertanya apa yang terjadi, selanjutnya korban dan pelaku siapa, bagaimana kronologis, kejadian dimana serta kelanjutan perkara.


Maka dengan menguasai syarat cara menulis itu, akan muncul sebuah berita yang layak menjadi konsumsi publik.”tukasnya sambil di sambut santri Ponpes bertepuk tangan kelas VIII dan kelas X dengan semangat. 


Anggota DPRD Kabupaten Inhu, Dodi Irawan mengajak para santri untuk motivasi.


Artinya, bukan hanya ilmu agama saja, tapi semua cabang ilmu termasuk jurnalistik harus di miliki sebagai dasar.


Dengan belajar teknik dasar menulis berita, diharapkan Santri mampu menyampaikan kabar baik tentang pesantren kepada khalayak ramai, khusunya kepada orang tua dengan melengkapi 5w+1h.”harap Dodi Irawan sebagai Nara sumber yang juga Ketua Ikatan Keluarga dan Alumni Pondok Pesantren Kharul Ummah ( Ikaku ) itu memberikan semangat.


Terimakasih kepada JMSI dan Anggota DPRD Kabupaten Inhu, Dodi Irawan dapat bersilaturahmi dengan santri yang berkunjung di Ponpes Khairul Ummah.


Insya’allah dengan dasar ilmu jurnalistik yang di berikan akan menjadi motivasi para santri yang ada, dan berharap dapat berlanjut di tahun mendatang.” Tutup nada Kabid Kesantrian ustdz Edi Setiawan.


Di ujung silaturahmi tersebut, rombongan JMSI di ajak berkuda untuk ajang perlombaan milik Ponpes, yang juga tampak hadir Ketua Lembaga Wakaf Khairul Ummah ustadz syafriadi, Hikmah Aidil Fitra.”(Frasetia ).

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.