BERITA TERKINI

MASYARAKAT SEMENDE MAU MAKAN ROTI HARUS DI CELUPKAN KE KOPI PANAS DAHULU

 


 OLEH : MARSAL ( PUTRA SEMENDE )


Muara Enim, Khatulistiwa news (23/02) Di Semende ( masyarakat Semende di manapun berada ) kalau mau makan Roti nenek Moyang pendahulu Semende telah mengajarkan pada anak cucungnya, bagaimana cara mau makan Roti, sebelum makan Roti kapan saja baik itu untuk sarapan pagi, makan siang, bahkan makan malam harus di celupkan ke Kopi hangat. 


Konon cerita dari Nenek Moyang turun temurun dari mereka pertama kali mau makan Roti di awali oleh nenek Moyang Sumadi Nurdin Alias Nurdin Balok ( Nurdin makan Roti Balok ). Nenek Moyang Nurdin Balok ini berasal dari keturunan timur tengah yang

Kebiasaannya makan Roti Bakar. Sumber Menurut Nurul Hudi seorang sejarawan Semende.


Menurut cerita dari mulut kemulut dari awalnya makan roti di celupkan ke kopi panas adalah dari nenek Moyang Semende bernama Sumandi Nurdin alias Nurdin balok. Pada waktu itu keluarga Nurdin Balok yang kebiasaan awalnya adalah makan roti bakar beliau sering buat roti bakar. Pada waktu itu dalam keadaan Pecaklik ( Krisis Ekonomi ) beras sudah habis, bahan pokok lainnya sudah habis, padi di sawah sedang _ncalau_ ( Membersihkan rumput di selah selah padi yang sedang menghijau ). dan masih jauh untuk panen.


Anak Nurdin Balok mencari beras di _paon_ rumahnya untuk masak nasi, di carinyalah di tempat penyimpanan beras ( di dalam Guci atau Kaleng beras ) berasnya sudah habis di cari di tiap penyimpanan, di temukannyalah sebatang Roti balok di _Tubang_ ( tempat penyimpanan makanan orang Semende ) lalu mereka masak air dan buat kopi panas langsung bergagilah roti balok tersebut, masing masing keluarga Nurdin Balok berbagila roti yang sangat keras itu, lalu mereka makan roti di celupkan ( cecalkah ) ke kopi panas. Pada waktu sedang musim dingin betapa enaknya keluarga bahagia itu menyantap roti keras tersebut, beginilah kebiasaan ( adat ) jeme Semende makan roti apapun dengan kopi panas jelas di celupkan ke kopi walaupun roti itu lembut seperti roti mari bahkan kerupukpun di celopkan ke kopi sampai saat ini masih di lakukan oleh masyarakat semende,

Termasuk juga masyarakat Semende sering makan roti Maskot yang sangat keras, kebanyakan pada waktu bulan Ramadhan  cara makan Roti maskot tersebut adalah di rendam pakai air sedang mendidih di tunggu beberapa menit baru di santapnya. (Niko) 

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.