BERITA TERKINI

Gelar Pelatihan Tenun, Ronaldo Davinci Talesa : Ikut Melestarikan Budaya Bangsa Indonesia

 






BANYUASIN,Khatulistiwa News.com  -
Kain jumputan merupakan salah satu kerajinan tenun tradisional yang berasal dari Sumatera dan Jawa. Di Sumatera Selatan sendiri, kain ini cukup populer dengan beragam inovasi motif yang modern sehingga masih diminati oleh semua kalangan. Untuk itu peran serta masyarakat sangat diperlukan, tidak terkecuali bagi mereka yang sedang menjalani pidananya di dalam Lembaga Pemasyarakatanas. Lapas.

Berkaitan dengan hal tersebut, Lapas Kelas IIA Banyuasin bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Banyuasin menyelenggarakan pelatihan kerajinan kain jumputan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP), Rabu (14/10/2020).

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak sebulan yang lalu dan dengan bimbingan dari instruktur dari BLK yang merupakan pemilik usaha kain tenun dari Palembang.



Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin Ronaldo Davinci Talesa AMd IP SH  melalui Kasi Kegiatan Kerja mengatakan, warga binaan yang diikutsertakan dalam pelatihan ini berjumlah 20 orang. Mereka semua dilatih mulai dari pembuatan motif, pencelupan kain ke dalam air berwarna, hingga penjemuran kain. Motif yang dibuat pun memiliki khas daerah Sumatera Selatan yakni adanya corak bintik tujuh, kembang janur, bintik lima, bintik sembilan, bintang lima dan bintik-bintik.

“Melalui pelatihan kerajinan kain jumputan ini, selain ikut melestarikan budaya bangsa Indonesia khususnya Sumatera Selatan, yang diharapkan yaitu WBP dapat memiliki pengetahuan dan skill atau keterampilan mengolah kain jumputan yang dapat digunakan sebagai modal saat bebas nantinya.

Sementara itu, WBP peserta pelatihan ini terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Menurutnya, pelatihan kerajinan kain jumputan ini akan membuatnya paham bagaimana cara mengolahnya mulai dari proses awal hingga selesai.

“Mudahan-mudahan ketika bebas nanti ilmu ini bisa berguna untuk diri saya dan keluarga,” ujarnya. (Sandi)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.