BERITA TERKINI

Pemkot Palembang Belajar Tiru Pengelolaan SAKIP dan Reformasi Birokrasi Pemkab. Muara Enim

 



Muara Enim,Khatulistiwa News.com-

Keberhasilan pemerintahan Pemkab Muara Enim dalam mempertahankan capaian penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) bahkan meraih nilai tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan berdasarkan evaluasi terakhir dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI tahun 2019 yang diumumkan pada Februari 2020 lalu, membuat beberapa pemerintah daerah tertarik untuk belajar ke Pemkab. Muara Enim.

Seperti halnya hari ini (02/09/2020), Pemerintah Kota Palembang melalui Kepala Bappeda Penelitian dan Pengembangan (Litbang) datang berkunjung ke Kabupaten Muara Enim dalam rangka belajar tiru pengelolaan SAKIP dan penerapan Reformasi Birokrasi di Bumi Serasan Sekundang.

.
Plt. Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muara Enim, Ir. H. Mat Kasrun menerima rombongan Pemkot. Palembang, yang terdiri dari Kepala Bappeda Litbang, Ir. H. Harrey Hadi, M.S., serta turut hadir Inspektur Kepala BPKAD di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya, Kantor Bappeda Kabupaten Muara Enim. Dirinya menyampaikan salam hormat dan ucapan selamat datang dari Plt. Bupati Muara Enim kepada jajaran Pemkot. Palembang.

Dengan rendah hati, Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Muara Enim merasa tersanjung menerima kunjungan Pemkot Palembang untuk belajar ke Pemkab. Muara Enim. Meskipun SAKIP Pemkab. Muara Enim berpredikat BB lebih baik satu tingkat diatas Pemkot. Palembang yang berpredikat B, namun menurutnya masih terdapat beberapa hal dalam pengelolaan SAKIP dan Reformasi Birokrasi di Pemkab. Muara Enim yang menjadi catatan untuk ditingkatkan.

.
Sementara itu Kepala Bappeda Litbang Kota Palembang menyampaikan bahwa pihaknya merasa tepat untuk belajar pengelolaan SAKIP dan penerapan Reformasi Birokrasi di Pemkab. Muara Enim. Menurutnya Kabupaten Muara Enim merupakan daerah terdepan dan selalu konsisten dalam pelaksanaan program Kemenpan-RB tersebut. Apalagi Kabupaten Muara Enim telah 3 tahun berturut-turut melampaui capaian Pemkot Palembang sehingga pihaknya merasa perlu untuk belajar dan meniru strategi yang diterapkan oleh Pemkab. Muara Enim.

Secara garis besar, Kepala Bappeda Kabupaten Muara Enim menekankan bahwa kunci utama pencapaian tersebut adalah komitmen dari pimpinan. Melalui komitmen yang kuat dari pimpinan, maka menjadikan keterpaduan arah dalam mewujudkan good governance dan clean government di lingkungan kerja.

Dirinya bersyukur, estafet kepemimpinan di Kabupaten Muara Enim tetap berkomitmen dalam meningkatkan standar pengelolan SAKIP dan penerapan Reformasi Birokrasi. [prokopim-me jazzi)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.