BERITA TERKINI

Warga Perumahan GBS Desa Muara Lawai Tolak Rumah Isolasi Covid -19 Ditengah Pemukiman.

 



Muara Enim, Khatulistiwa News,com-Keberadaan  Rumah isolasi Covid - 19 di Desa Muara Lawai, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim menuai protes warga sekitar, 

Tak hanya terlihat kotor, kondisi letak rumah pun sangat dekat dengan.pemukiman warga dan dikhawatirkan adan menjadi cluster baru jika harus ditempatkan di perumahan GBS ini.

Ya lokasi disini cukup ramai dan.banyak anak anak yang bermain. kami khawatirkan jika pasien Covid 19 di tempatkan di sini sebagai sarana rumah Isolasi, tentu kami tidak setuju Ujar Dian warga GBS ini (22/7/21)

Kami berharap jika pemerintah kabupaten atau Desa ingin mengadakan sarana isolasi sebaiknya jangan terlalu dekat dengan letak.pemukiman warga pintanya

Kepala Dinas PMD kabupaten Muara Enim Drs H  Rusdi Hairullah saat di hubungi via WhatsApp menjelaskan pada Prinsipnya yang dimaksud rumah isolasi tidak harus rumah yang besar dan mewah, tetapi adalah ruangan yang memadai untuk penampungan apabila ada warga Desa yang terpapar atau harus isolasi mandiri, sehingga dapat di tampung oleh Pemerintah Desa melalui Team gugus covid Desa dalam rangka membantu warga yang yang terpapar tersebut.

Ruang isolasi dimaksud bisa disewa dengan tidak terlalu mahal, syukur kalau ada ruangan yang layak dipergunakan dan tidak harus menyewa, sesuai kebutuhan Desa seyogyanya wajib menyiapkan ruangan atau rumah isolasi tersebut.
Dalam anggaran covid 8 persen dari dana Desa, tidak semua Desa menganggarkan untuk sewa rumah isolasi Desa ini, mengingat sesuai kebutuhan dan hasil musyawarah Desa.

Walaupun tidak teranggarkan Pemerintah Desa tetap mengantisipasi dengan cara swadaya atau mandiri dari warga Desa, terangnya.

Edi Wansri Kepala Desa Muara Lawai mengatakan sebenarnya rumah isolasi itu ada tiga belas point yang harus memenuhi persyaratan yang kira kira layak, disitu juga tidak ada harus persetujuan warga tapi rumah isolasi ini juga telah kita jelaskan, ini adalah persiapan jangan takut rumah isolasi ini akan terisi penuh oleh masyarakat yang berdiam disini selama empat belas hari.

Beda dengan tahun 2020 lalu,isolasi isolasi masih saja berkeliaran, nah kalau mereka yang diisolasi mandiri di dalam rumah masih saja berkeliaran terpaksa kita bawa kerumah isolasi ini.

Rumah isolasi ini adalah persiapan dan disetiap Desa harus ada rumah isolasi, persiapan kalau rumah sehat kabupaten penuh dan mereka ini tidak ada tempat isolasi mandiri, kan ini yang harus kita persiapkan.
Ruang isolasi ini cuma disiapkan paling banyak tiga orang, sampai sekarang masyarakat yang terpapar di Desa Muara Lawai belum ada yang mau menempati rumah yang telah disiapkan itu, mereka ingin isolasi mandiri dirumah masing masing.

Rumah isolasi ini bukan kontrak cuma itu pemeliharaan daripada rumah  isolasi itu sendiri terhadap tuan rumah, ucapnya. (Raswan)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.