BERITA TERKINI

Direktorat Penyerasian Pembangunan Sarana dan Prasarana (Direktorat PPSP), Ditjen PPDT, Kementerian desa PDTT, kunjungi Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung



Bandung Khatulistiwa News,-Direktorat Penyerasian Pembangunan Sarana dan Prasarana (Direktorat PPSP), Ditjen PPDT, Kementerian desa PDTT melakukan kunjungan kerja ke Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada hari Senin, 25 Maret, 2024. Tim Direktorat PPSP yang berkunjung ke Desa Cibiru Wetan yakni Dr. Nanang Somantri, S.Sos, M.Si,. Kasubbag TU Eddy Wibowo, ST, MA, serta beberapa staf antara lain Amira, Aris, Dwi, Hudi, Lutfi, Mia dan Tedy. 

Kunjungan Direktorat PPSP ke Desa Cibiru Wetan untuk mendapatkan bahan kajian, mendapatkan model pengembangan potensi desa, mendapatkan contoh pelibatan masyarakat dalam pengelolaan BUMDes dan mendapatkan contoh best practices dari Desa Cibiru Wetan. Hal tersebut untuk mencari bahan masukan guna pengembangan potensi Desa pada Desa di Kabupaten Daerah Tertinggal. Pihak Desa Cibiru Wetan diwakili antara lain oleh Kepala Desa Hadian Supriatna, Sekretaris Desa  Ade Mahmudin, Direktur BUMDes Lany, pengelola wisata edukasi Ferdy, pelaku UMKM, juga Camat Cileunyi  Anjar Lugyana. 

Kemudian dilakukan diskusi bersama. Beberapa bahasan menarik  antara lain tentang pengembangan  potensi desa, pengelolaan desa wisata, pengelolaan BUMDes dan success story.  BUMDes Mawa Raharja, Desa Cibiru Wetan, mengelola beberapa unit usaha seperti Pengelolaan Sumur Artesis, Desa Wisata, Pengelolaan Internet Service Provider(ISP). 

Desa Cibiru Wetan mengelola 2 titik Sumur Artesis guna melayani kebutuhan air warga, dengan sistem jaringan, yang dibangun hingga Sambungan Rumah (SR), dengan dilengkapai water meter. Sumur Artesis  merupakan aset desa setelah diserahterimakan dari Pemerintah Daerah. 

Karena tidak memiliki destinasi wisata yang menarik, Desa Cibiru Wetan memilih mengembangkan wisata berbasis atraksi. Desa Cibiru Wetan mengandalkan wisata edukasi. Produk Desa Wisata yang ditawarkan mengajak wisatawan merasakan experience  budaya kehidupan sehari-hari yang khas. Beberapa paket pilihan yang ditawarkan seperti Culture Trip, Ulin Dilembur, Ulin sampah, Ngaleuweung Trip, Ngendong Dilembur dan sebagainya. 

Desa Cibiru Wetan memang biasa menerima tamu. Baik kunjungan studi, wisatawan, maupun pengunjung. Desa Cibiru wetan berusaha melibatkan  masyarakat  dalam pelayanan tamu, misalnya membeli makanan untuk konsumsi, menawarkan homestay  rumah warga untuk penginapan, sampai menyediakan transportasi lokal berupa angkot untuk mengangkut wisatawan masuk ke desa. Dengan ramainya orang yang datang ke Desa Cibiru Wetan diharapkan juga berdampak positif terhadap perekonomian warga.

Tim Direktorat PPSP, mengapresiasi apa yang telah dilakukan desa Cibiru Wetan selama ini, dan berharap Desa Cibiru Wetan terus maju dan berkembang. Menurut tim Direktorat PPSP yang berkunjung ke Cibiru Wetan, beberapa hal dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi desa lain termasuk desa di Daerah Tertinggal. Kedepannya juga diharapkan  dapat terjalin kerjasama(Red)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.