BERITA TERKINI

APRI Siap Bersinergi Dengan Pemkab Muara Enim

 



Muara Enim, Khatulistiwa news.com  - Asosiasi Penghulu  Republik Indonesia ( APRI ) Cabang Kabupaten Muara Enim  dikukuhkan oleh Pj Bupati Muara Enim di Griya Sesaran Sekundang, Selasa, (29/6/ 2021)

Hadir pada pengukuhan tersebut Bupati Muara Eni Liono Basuki, Dr H Hasrun Umar  SH. MM, Ketua APRI Sumsel Drs H. Anwar, M Hum,  ketua DPRD, Ketua MUI, Kakan Kemenag H Azhari Rahardi, MSi, di wakili oleh Kasubag TU Kemenang Muara Enim H Solehan, SAg, MSi, DANDIM 0404 Muara Enim, Kapolres, kajari, Kadin Kesbangpol, dan Kabag Kesra Pemkab Muaraenim dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Pengukuhan APRI Cabang Kabupaten Muara Enim Marsal melaporkan terbentuknya APRI ( Asosiasi Penghulu Republik Indonesia ).
beberapa tahun lalu saat badai menghantam para penghulu tentang isu gratifikasi. Banyak mata tertuju ke sana, sehingga perjuangan mereka menembus hutan dan melewati pulau ke pulau untuk tugas mulia tak lagi terlihat, dikalahkan dengan isu negatif tentang biaya pencatatan nikah.

Saat itu beberapa teman dari penghulu berjuang mencari keadilan, menemui pimpinan dan menyampaikan beberapa saran serta penguatan regulasi agar para penghulu nyaman bekerja. Sampai akhirnya organisasi wadah persatuan penghulu lahir saat itu, beberapa nama organisasi tersebut pernah muncul  seperi Pokjahulu ( Kelompok Kerja Penghulu ),API (Asosiasi Penghulu Indonesia) sampai akhirnya menjadi APRI (Asosiasi Penghulu Republik Indonesia).
Masa itu merupakan titik awal membangun pondasi rumah besar bagi para penghulu di Indonesia, menyatukan para penghulu dalam satu wadah dan tidak ada lagi organisasi profesi penghulu lainnya yang terbentuk masing masing. 

Kini syukur Alhamdulillah rumah itu sudah siap untuk ditempati, diberi nama APRI sebagai satu-satunya organisasi penghulu yang berdiri pada tanggal 17 Juli 2019 di Bogor.

APRI Kabupaten Muara Enim berjumlah 37 orang yang terdiri dari 20 orang Ka KUA sekabupaten Muaraenim dan 17 orang penghulu sekabupaten Muara Enim.
APRI cabang Muaraenim siap bersinergi dengan Pemkab Muara Enim, papar Marsal dengan semangat berapi api.

Ketua PW APRI Sumatera Selatan Drs H Anwar M Hum, mengatakan secercah harapan bagi penghulu di Indonesia, layaknya profesi profesi lain yang memiliki organisasi, menjadi wadah peningkatan kompetensi, integritas, tempat diskusi menyelesaikan berbagai persoalan, saling mengingatkan, merajut ukhuwah, tempat update ilmu dan tentu menjadi rumah dan tempat bernaung para penghulu.

Berdasarkan Peraturan Menpan RB - Permenpan RB Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Jabatan Fungsional Penghulu, Jabatan Fungsional Penghulu adalah jabatan sebagai pegawai pencatat nikah atau perkawinan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan,  dan bimbingan masyarakat Islam.
Sementara Pj Bupati Muara Enim Dr.H.Nasrun Umar  SH., MM mengatakan dengan di kukuhkan ketua dan pengurus APRI cabang Muara Enim semoga saudara sekalian menjadikan  jabatan dan organisasi ini sebagai wujud tanggungjawab  kepeecayaan dan amanah dalam menjaga kode etik Profesi, termasuk marwah kemenag dan tentunya Profeai penghulu dengan mengedepankan Profesionalisme yang berintegritas dan berkompetensi.

Masih menurut HNU momentum bagi kita semua untuk bersinergi meningkatkan kerja sam demi mewujutkan cita cita pembangunan Kabupaten Muara Enim yang merakyat, agamis  berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera. Pemerintah tidak akan mampu memaksimalkan mewujutkan pembangunan jika tidak di dukung oleh peran serta seluruh pemangku kepentingan. Paparnya.

Kakan Kemenag Muara Enim Drs H Azhari Rahardi, MSi di Wakili oleh Kasubag TU Kabupaten Muaraenim H Solihan, SAg mengatakan APRI Kabupaten Muara Enim adalah organisasi penghulu di bawah naungan Kemenag, untuk itu jaga nama baik organisasi, jaga kode Etik Profesi penghulu, dan Penghulu itu garda terdepan Kemenag yang tugasnya yang mulia adalah menghalalkan yang haram yaitu memandu pelaksanaan Aqad Nikah di masyarakat, dan penghulu harus bersinergi dengan Kemenang dan Pemkab Muara Enim, Harapnya.(ril jazz)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.