BERITA TERKINI

Peringatan 6 Tahun Tragedi Kematian Engeline, Bebaskan Anak Indonesia Dari Kekerasan

 



DENPASAR,Khatulistiwa news.com  (12/06) - Peringatan  6 tahunTragedi Kematian ENGELINE, yang diselenggarakan Komisi Nasional Perlindungan Anak bersama Sahabat Anak Indonesia  ysng diselenggarakan  Sabtu 12 Juni 2021 di Denpasar Bali menetapkan 3 butir rekomendasi yakni meminta Presiden Republik Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan Presiden untuk menetapkan 10 Juni sebagai hari Anti Kekerasan Terhadap Anak di Indonesia. Tragedi kematian Engeline sebagai aikon Gerakan Nasional Pembebasan anak dari  segala bentuk kekerasan di Indonesiabdan yang ketiga menyeruhkan kepada masyarakat untuk membebaskan anak dari segala bentuk kekerasan dan eksploitasi, demikian disampaikan Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak dalam orasi memperingati Tragedi kematian Engeline..


Peringatan Tragedi Kematian Engeline diawali dengan tabur bunga Ketua Umum Komnas Perlindungan anak bersama yang mewakili Polda Bali, Polsek Sanur  dan pemangku kepentingan pemerintah desa  yang dilakukan ditempat dimana ditemukan jasat Engeline 6 tahun lalu. 



Kemudian dilanjutkan dengan pembakaran seribu lilin oleh  puluhan anak SD Negeri 12 Sanur dimana Engeline bersekolah  serta guru-guru Engeline dan anggota masyarakat, media dan para pegiat perlindungan Anak untuk mengenang derita dan tangis Engeline serta kronologi kematian Engeline.


Dalam kesempatan itu, dua anak Siswa SD Negeri 12 Sanur   dimana Engeline pernah bersekolah disana membacakan deklarasi Pembebasan Anak dari kekerasan.


Bebaskan anak dari segala bentuk eksploitasi si dan kekerasan.


Ada banyak kekerasan terhadap anak di Indonesia yang mengakibatkan tercerabutnya hak hidup anak ada banyak pula anak di lingkungan sosial anak menderita akibat salah asuh,  disiksa dan dianya,  ditelantarkan dan bahkan dijadikan budak seks,  dipekerjakan  sebagai anak jalanan, dieksploitasi sebagai mengemis dan peminta-minta, diculik dan diperdagangkan untuk tujuan eksploitasi seksual komersial.


Tragedi  kematian Engeline 6 tahun lalu inilah yang mendasari dan menginspirasi Indonesia harus terbebas dari segala bentuk kekerasan tragedi kematian Angeline 6 tahun lalu tidak  boleh terulang lagi.


Oleh karena itu kami Sahabat Snak Indonesia bersama Komisi Nasional Perlindungan Anak menyatakan bebaskan anak Indonesia dari segala bentuk kekerasan tragedi kematian Angeline patut ditetapkan sebagai gerakan nasional pembebasan anak dari segala bentuk kekerasan di Indonesia serta demi kepentingan terbaik anak meminta dan mendesak pemerintah dan negara untuk menetapkan kematian Engeline sebagai ikon gerakan anti kekerasan terhadap anak di Indonesia.(Niko)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.