BERITA TERKINI

Dugaan Pungutan 5 Juta Untuk Pelatikan Tiap Kades Jadi Polemik

 



OKUT,Khatulistiwa news.com - Sebanyak 210 Kepala Desa yang baru terpilih dalam pilkades yang digelar beberapa waktu lalu telah selesai. Pelantikan yang digelar ditujuh zona selama empat hari itupun langsung dilakukan oleh Bupati OKU Timur H, Lanosin Hamzah, ST. Selain itu, masih ada 12 Desa lainnya yang menunggu keputusan dikarenakan masih sengketa.

Pelantikan Kades yang dilakukan di tujuh zona selama empat hari tersebut tak berakhir begitu saja namun mengundang polemik, pasalnya beredar adanya dugaan jika setiap Kades yang dilantik dimintai sejumlah uang untuk menggelar pelantikan di zona masing-masing.

Sebanyak 210 Kepala Desa yang telah selesai dilantik itu harus mengeluarkan uang sejumlah 5 juta rupiah. Dugaan itu mencuat dari hari pelantikan pertama di zona satu.Rabu (9/6/21) kemarin



Bupati OKU Timur H, Lanosin Hamzah, ST saat dikonfirmasi awak media pada pelantikan di zona satu terkait pengutan tersebut tidak membenarkan jika adanya pungutan yang dilakukan oleh panita kecamatan. "Jika memang ada temuan dilapangan yang melakukan pungutan kepada setiap kepala desa yang akan dilantik segera laporkan ke saya," ucapnya.(

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) H, Rusman saat dikonfirmasi via WhatsApp, dirinya mengelak adanya isu yang menyatakan pengutuan kepada setiap kepala desa sebesar 5 juta rupiah itu. Bahkan dirinya melempar bola panas kepada setia camat yang menggelar pelantikan dimasing-masing kecamatan.
"Silahkan konfirmasi saja kepada camat masing-masing yang mana ada kepala desa yang menyatakan ada pungutan biaya tersebut," katanya.

Salah satu kades terpilih 2021 yang enggan nama nya disebut kan membenarkan bahwasanya telah dilakukan pungutan terhadap para kades terpilih besaran nya 5 juta rupiah,"benar saya ngasih 5 juta". tegasnya.

(Rillis IWO Oku Timur/Imr)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.