Muara Enim, Khatulistiwa news (24/06) Guna mendorong koperasi sebagai motor penggerak perekonomian yang profesional, tangguh dan mampu berinovasi dalam mengembangkan usaha koperasi melalui Teknologi Informasi (TI).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah menyelenggarakan Pelatihan Akuntabilitas Keuangan Koperasi Berbasis TI tahun anggaran 2022 yang dibuka langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Maryana selaku perwakilan dari Bupati Muara Enim di Ballroom Hotel Grand Zuri, Kota Muara Enim, Kamis (23/06).

Dihadapan 60 orang peserta yang merupakan perwakilan dari 37 koperasi se-Kabupaten Muara Enim, Asisten III mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat memahami inti sari dari pelatihan ini karena jika sudah paham apa yang dimaksud dengan Akuntabilitas Keuangan Koperasi Berbasis TI maka koperasi tersebut bisa bertahan bahkan bisa bersaing di era globalisasi perekonomian dunia saat ini.

Selain itu, penerapan akuntabilitas keuangan koperasi tentunya akan mempengaruhi kinerja yang baik dan akuntabel. Dengan penggunaan TI, penerapan tersebut dapat menghasilkan akuntabilitas keuangan koperasi yang efektif, serta efisien dalam setiap penyelenggaraan kegiatan, terang Asisten.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta pelatihan, kiranya dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan dapat menerapkan ilmu yang didapat selama pelatihan ini di koperasinya masing-masing sehingga memperoleh manfaat, khususnya bagi pengurus koperasi dan pengelola. Sehingga akan tumbuh koperasi-koperasi yang sehat dan dapat dibanggakan serta meningkatkan daya saing daerah dalam rangka mewujudkan #MERAKYAT Muara Enim untuk Rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera,” pungkas Asisten III.

Sementara itu, dalam laporannya, Kadin Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Muara Enim Husin Aswadi menerangkan, pelatihan ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 23 s.d 25 Juni 2022 dengan menghadirkan narasumber langsung dari Lembaga Pendidikan Perkoperasian (LAPENKOP), Bandung.

Lebih lanjut dirinya berharap semoga pelatihan ini dapat bermanfaat bagi para pengurus koperasi untuk mengelola koperasi dengan baik yang berbasis TI dalam menumbuh kembangkan koperasi yang sehat dan mampu mensejahterakan anggotanya.

Nampak hadir dalam kesempatan tersebut, beberapa Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, perwakilan TP PKK dan Dharma Wanita Kabupaten Muara Enim.(prokopim red)