BERITA TERKINI

Antisipasi Kebakaran Posko Siaga Karhutla Kecamatan Kembali Diaktifkan

 



Muara Enim,Khatulistiwa News.com-
Guna menghadapi kondisi tahunan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Muara Enim, Plt. Sekretaris Daerah (Sekda), Drs. Emran Tabrani, M.Si., meminta personil gabungan untuk siaga dan segera kembali mengaktifkan Pos Komando (Posko) Siaga Karhutla.

Hal ini disampaikan Plt. Sekda dalam rapat gabungan bersama Dandim, Kapolres dan Kajari, Senin siang (22/02) seusai menghadiri secara virtual Rapat Koordinasi Nasional Pengarahan Presiden RI mengenai pengendalian Karhutla di Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim.Senin (22/2/21)
.
Plt. Sekda menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim beserta dinas/instansi terkait, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan para Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) segera siaga dan menginventarisir perlengkapan dengan berkoordinasi bersama tim gabungan dari TNI, Polri dan perusahaan. Dirinya juga mengarahkan Forkopimcam untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Disampaikan Plt. Sekda bahwa setidaknya di Kabupaten Muara Enim pada tahun lalu memiliki 8 Posko Siaga Karhutla, yaitu sebanyak 3 Posko di kawasan lahan gambut, terletak di Kecamatan Muara Belida, Gelumbang dan Sungai Rotan. Kemudian 5 Posko di kawasan lahan organik, berada di Kecamatan Rambang, Belimbing, Gunung Megang, Tanjung Agung dan Semende Darat Tengah.

Untuk itu dirinya meminta semua Posko tersebut segera diaktifkan, termasuk kesiapan para petugas lapangan dan peralatan seperti mesin pompa, selang maupun wadah penampung air. Sementara itu Kapolres menyampaikan dalam waktu dekat akan mengadakan apel gabungan kesiapsiagaan personil sehingga puncak kemarau yang diperkirakan terjadi pada bulan Mei dapat diatasi. [prokopim-me/jazz]

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.