BERITA TERKINI

Harlah Pancasila 1 Juni 2022 Agustinus Nahak Tegaskan Pancasila Adalah Sumber Hukum Berbangsa dan Bernegara

 



Jakarta,Khatulistiwa news (01/06) --Agustinus Nahak, SH, MH ketua Forum Bela Negara (FBN) Bali dan Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Bali Bersatu menyampaikan ucapan selamat hari lahir Pancasila. "Selamat Hari lahir Pancasila 1 Juni 2022 Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia, "ucapnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (1/6/2022)


"Sebagai anak bangsa yang lahir dan besar di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), di mana kita telah mendapatkan berbagai manfaat besar maka wajib kita mencintai bangsa dan negara ini yang berdasarkan Pancasila, sebab dengan hal tersebut keharmonisan dalam kebhinnekaan itu terwujud. "Tambahnya


"Pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara adalah harga mati, maka konsekuensinya adalah kita wajib mengamalkan, menjaganya dengan segenap jiwa dan raga. "Jelas Agustinus Nahak


Sebagai informasi masih berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, Hari Lahir Pancasila ditetapkan pada 1 Juni 1945.


Dikutip dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas), pada 1 Juni 1945, Soekarno berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara di hadapan para anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).


Ketika itu, BPUPKI memang tengah mengadakan sidang kedua mempersiapkan dasar negara bagi Indonesia merdeka.


Presiden pertama Republik Indonesia itu pun menyampaikan gagasannya dalam Pidato bertajuk "Lahirnya Pancasila".


"Pancasila sebagai dasar negara merupakan sumber dari segala sumber hukum (sumber tertib hukum) Indonesia. Meliputi suasana kebatinan (geistlichen hintergrund) dari UUD 1945. Mewujudkan cita-cita hukum bagi hukum dasar negara, baik tertulis maupun tidak. Mengandung norma yang harus dijalankan. "Pungkas Agustinus Nahak (Ril Irwan) 


Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.