BERITA TERKINI

Dinkes Dan Dikbud Muara Enim Adakan Gernas Aksi Bergizi



Muara Enim Khatulistiwa News,-Pemerintah Kabupaten Muara Enim sangat concern dalam memerangi Stunting di Kabupaten Muara Enim, seperti halnya pada Rabu pagi (26/10) Dinas Kesehatan bersinergi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim menggelar Gerakan Nasional (Gernas) Aksi Bergizi Tingkat Kabupaten Muara Enim di SMA Negeri 1 Muara Enim.


Gernas ini dilaksanakan dengan tiga intervensi utama, yaitu Senam Pagi, Sarapan dan Minum Tablet Tambah Darah (TTD), Edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat yang diintegrasikan dengan TRIAS UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat.


Pj Bupati diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim Irawan Supmidi, menuturkan bahwa Gernas ini dilaksanakan serentak di 79 Sekolah Tingkat SLTA sederajat di Kabupaten Muara Enim.


Adapun dirinya menjelaskan, Gernas ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang gizi seimbang pada remaja, meningkatkan kepatuhan remaja putri mengkonsumsi tablet tambah darah, meningkatkan minat remaja untuk melakukan aktivitas fisik 60 menit setiap hari dan mengkonsumsi buah dan sayur serta meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik sehingga dapat belajar tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal.


Lebih lanjut, dirinya mengatakan pola hidup sehat yang disoundingkan dalam Gernas ini bertujuan untuk menekan kasus stunting di Kabupaten Muara Enim, yang mana untuk di Provinsi Sumsel sendiri Kabupaten Muara Enim meraih predikat terbaik dalam menangani kasus stunting di Kabupaten / Kota se-Sumatera Selatan.


"Melalui Germas Aksi Bergizi ini, Kami selaku Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengajak Muda-mudi untuk ikut perangi stunting, karna memang ini adalah tugas kita bersama,"tegas Irwan.


Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Muara Enim Ritta Riana, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab. Muara Enim atas terpilihnya SMA Negeri 1 Muara Enim selaku tuan rumah penyelenggaraan Gerakan Nasional Aksi Bergizi Tingkat Kabupaten Muara Enim. Dirinya juga berkomitmen untuk menggalakkan pola hidup sehat ini dan menjadikannya agenda mingguan setiap hari Juma't di SMA Negeri 1 Muara Enim.


Hadir dalam Gernas tersebut, unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim ataupun yang mewakili, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab Muara Enim ataupun yang mewakili serta para Guru SMA Negeri 1 Muara Enim.

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.