BERITA TERKINI

Pj Bupati Muara Enim Kukuhkan FKLPI Pertama di Sumatera Selatan

 



Muara Enim Khatulistiwa News,- Secara resmi, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan mengukuhkan Pengurus Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dengan Industri (FKLPI) Kabupaten Muara Enim Masa Bakti 2022-2025 yang pertama di Provinsi Sumatera Selatan.


Pj Bupati meminta kepada forum yang anggotanya berasal dari Dinas/Intansi terkait, perusahaan BUMD, BUMS maupun BUMN di Kabupaten Muara Enim agar dapat menjadikan kepengurusan ini sebagai tanggung jawab, kepercayaan dan amanah atas kompetensi serta kapasitasnya untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim, khususnya dalam meningkatkan pembangunan sumber daya manusia para pekerja ataupun calon-calon pekerja.


Selaku pemerintah, Pj Bupati mendukung penuh berbagai keorganisasian yang mampu berkontribusi positif bagi masyarakat dan pembangunan daerah termasuk forum seperti FKLPI ini, menurutnya pembentukan FKLPI ini sangat strategis dan penting dalam upaya mewujudkan kemitraan kolaboratif antara lembaga pelatihan kerja, terutama Balai Latihan Kerja (BLK) milik pemerintah dengan dunia usaha dan dunia industri yang ada dalam rangka penyiapan tenaga kerja yang berkompeten, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan usaha maupun industri.


Lebih lanjut, dalam acara yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Zuri, Kota Muara Enim, Kamis (20/10). Pj Bupati mengucapkan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Muara Enim, khususnya Komisi IV yang telah mendorong terbentuknya FKLPI ini yang mana sebelumnya bersama Pemkab. Muara Enim telah melakukan Study Comparative ke Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, khususnya Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, kemudian ke Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Serang, manajemen PT. Bukit Asam dan pengurus FKLPI Pusat.


Ucapan yang sama diberikan juga oleh Pj Bupati Muara Enim kepada Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, melalui Direktorat Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas atas dukungan yang telah memasukkan FLKPI Kabupaten Muara Enim sebagai salah satu program nasional pembinaan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia sehingga nantinya tercipta pertautan dan kesesuaian antara program pusat dan daerah.


“Besar harapan saya forum ini tidak hanya menyiapkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri, namun juga mudah-mudahan dapat mendorong dan mencetak para wirausaha baru yang mampu membuka lapangan pekerjaan dan menangkap peluang bisnis yang ada di Kabupaten Muara Enim,” ucap Pj Bupati dalam pengukuhan yang turut dihadiri Edy Masri dan Cheria dari FKLPI Pusat.


Sementara itu, saat diwawancara, Direktur Bina Kelembagaan Pelatihan Vokasi, Direktorat Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang diwakili Subkoordinator Pengembangan Kemitraan Pelatihan Vokasi Edy Siswanto berharap dengan adanya FKLPI di Kabupaten Muara Enim ini dapat menjadi solusi dalam mengurangi angka penganguran karena tugas utama dari forum ini yaitu membantu calon pekerja lebih cepat terserap dipasar kerja melalui kerjasama dengan perusahaan-perusahaan.


“Salah satu penyebab masih banyaknya angka pengangguran adalah tingkat kompetensi atau SDM yang akan diserap oleh perusahaan belum sesuai kategori, melalui FKLPI inilah kita lakukan pelatihan di BLK yang ada di tempat masing-masing dalam hal ini di BLK Disnaker Muara Enim dan kami berharap kedepan FKLPI yang pertama di Provinsi Sumatera Selatan ini mampu berjalan dengan baik sesuai harapan bersama," ujar Edy.


Kemudian, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Muara Enim Hj Siti Herawati berharap melalui FKLPI ini, program-program yang ada di BLK Muara Enim dapat disinergikan dengan dunia usaha dan industri yang berujung pada peningkatan kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Muara Enim melalui serapan tenaga kerja yang sesuai dengan permintaan pasar.


Hadir dalam kesempatan tersebut, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim dan perwakilan perusahaan dalam wilayah Kabupaten Muara Enim.


 

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.