BERITA TERKINI

Sosialisasi Statistik Sektoral Pemerintah Daerah Tahun 2022



Muara Enim Khatulistiwa News,- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Muara Enim yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Data Informasi Publikasi dan Statistik (PDIPS) Harry Aries Saputra menghadiri Sosialisasi Statistik Sektoral Pemerintah Daerah Tahun 2022 di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis (27/10).


Kegiatan yang digelar oleh Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Staf Ahli Pemerintahan, Hukum dan Politik Dr. Ir. H. Firmansyah, M. Sc. Dalam pidato sambutannya, Firmansyah menyampaikan bahwa Statistik Sektoral merupakan kewenangan Pemerintah Daerah yang diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan merupakan Urusan Pemerintah di bidang Statistik.


"Statistik Sektoral merupakan program pemerintah daerah yang bertujuan guna memperbaiki tata kelola data pemerintah daerah dalam mendukung penyediaan data yang berkualitas dan akurat guna mendukung perencanaan pembangunan yang berbasis pada data. Hal ini sangat diperlukan dikarenakan selama ini kita selalu kesulitan untuk mendapatkan data, walaupun data ada tapi kita sulit untuk mendapatkannya. Data yang berbeda-beda juga menjadi salah satu masalah yang perlu dipecahkan. Dengan kegiatan sosialisasi ini kita berharap masalah yang terjadi bisa diatasi dengan tata kelola data pemerintahan yang baik dan berkualitas bertujuan menghasilkan data yang akurat sehingga dapat mendukung perencanaan pembangunan yang berbasis data", jelas Firmansyah.


Dalam Sosialisasi Statistik Sektoral ini Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi dan Kabupaten/Kota sangat berperan penting dalam mengelola data statistik sektoral yang berkualitas dimana Dinas Komunikasi dan Informatika dituntut untuk dapat berkomunikasi dan berkoodinasi dengan perangkat daerah lainnya didalam mewujudkan data yang akurat. Hal itu akan terwujud dengan pengelolaan data yang baik di masing-masing perangkat daerah sebagai produsen data. Jadi harus ada kerjasama yang baik antara perangkat daerah sebagai produsen data dengan Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai walidata.


"Kolaborasi dan koordinasi yang baik sangat diperlukan antar instansi pemerintah, khususnya Dinas Komunikasi dan Informatika dan BPS serta Bappeda dan Perangkat Daerah pada Pemerintah Daerah guna mendukung terwujudnya pembangunan daerah Sumatera Selatan yang lebih baik,"pungkasnya.


Acara yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan menghadirkan narasumber ahli, antara lain Dr.Ucup Hidayat,S.Si, MM dari Direktorat Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah II Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Samsul Munawar SST, M.Si, Fungsional Statistisi Madya Fungsi Sosial BPS Provinsi Sumatera Selatan dan Deris Setiawan.Ph.D.,IPU,ASEAN-Eng dari Universitas Sriwijaya.

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.