Muara Enim Khatulistiwa News,-Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Forum LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) se-Sumatera Selatan tahun 2022 yang terpusat di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS), Kota Muara Enim, Kamis (20/10).

Pj Bupati mengatakan, digelarnya FGD Forum LAPOR! Se-Sumatera Selatan di Kabupaten Muara Enim ini merupakan suatu kehormatan dan tantangan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan karena secara tidak langsung Pemkab. Muara Enim dituntut untuk lebih maksimal lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama terkait LAPOR! ini.

“Memang, sejak terhubung dengan kanal LAPOR! Tahun 2018, sampai dengan tanggal 19 Oktober 2022 tercatat 430 laporan yang telah masuk ke kanal LAPOR! Kabupaten Muara Enim dengan berbagai macam kategori laporan mulai dari penyampaian aspirasi, pengaduan pelayanan publik dan permintaan informasi. Rata-rata tindak lanjut 99,7% laporan ditangani dalam batas waktu yang ditetapkan dalam  SOP SP4N-LAPOR!. Dengan kata lain, setiap laporan masyarakat yang masuk ditindaklanjuti secara responsif dan tepat waktu sehingga ditahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Muara Enim berhasil meraih Top 5 pengelola pengaduan pelayanan publik kategori Instansi Pemerintah Umum Aspek Pengelolaan dan Perubahan Terbaik serta membawa pulang piala Anggakara Birawa,” jelas Pj Bupati.

Namun, Pj Bupati mengingatkan jajarannya untuk tidak cepat berpuas diri karena capaian tersebut merupakan tantangan yang harus dijawab dengan peningkatan kualitas pelayanan pengaduan publik yang lebih dan lebih baik lagi bagi masyakat Kabupaten Muara Enim.

Tak lupa, Pj Bupati didampingi Kadiskominfo Muara Enim Ardian Arifanardi mengucapkan terima kasih untuk para pengelola LAPOR! 16 Kabupaten/Kota yang telah hadir.

“Selamat datang di Bumi Serasan Sekundang dan selamat mengikuti rangkaian kegiatan. Semoga apa yang diperoleh nantinya dapat bermanfaat secara optimal untuk meningkatkan kualitas pelayanan pengaduan publik di tempat masing-masing,” pungkas Pj Bupati.

Disela kegiatan, dilakukan penyerahan bantuan internet desa dari Gubernur Sumatera Selatan. Internet desa ini diberikan ke 7 (tujuh) Desa yang ada di Kabupaten Muara Enim, antara lain Desa Pulau Panggung Kecamatan SDL, Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul, Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim, Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas, Desa Lembak Kecamatan Lembak, Kelurahan Gelumbang Kecamatan Gelumbang  dan Desa Danau Rata Kecamatan Sungai Rotan.

Karena berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Kominfo Kabupaten Muara Enim, di Kabupaten Muara Enim masih terdapat 7 (tujuh) Desa blankspot (tidak ada sinyal) dan 77 Desa dengan sinyal lemah.  Dan untuk ke-7 desa blankspot, saat ini sudah dipasang jaringan VSAT sehingga wilayah tersebut dapat berkomunikasi dan mengakses internet.

Hadir dalam FGD tersebut diantaranya, Kadiskominfo Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Muara Enim, para Kepala Perangkat Daerah dan Camat lingkup Pemkab. Muara Enim, Tim Pengelola LAPOR! Provinsi Sumatera Selatan, Pengelola LAPOR! Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Selatan, dan Tim Kawan LAPOR! Sumatera Selatan.