BERITA TERKINI

HUT Kabupaten Muara Enim ke-76, Pj Bupati Buka Lomba Bidar Mini Tradisional di Danau Cecuho Muara Lawai




Muara Enim Khatulistiwa News,-Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muara Enim ke-76, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan membuka langsung perlombaan bidar mini tradisional se-Kecamatan Muara Enim Tahun 2022 di Danau Cecuho, Desa Muara Lawai, Kecamatan Muara Enim, Kamis (27/10).


Perlombaan tradisional yang identik dengan kerjasama tim tersebut, selain digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Muara Enim ke-76 juga untuk mempersiapkan keikutsertaan dalam Por Prov Lahat mendatang dengan diikuti sebanyak 56 tim yang terdiri dari 41 regu putra dan 15 regu putri yang berasal dari Kecamatan Muara Enim, Tanjung Agung, Ujan Mas dan Gunung Megang.


Dalam sambutannya sebelum mengibarkan bendera start, Pj Bupati sangat mengapresiasi inisiatif kepada ketua dan pengurus PODSI Kabupaten Muara Enim yang begitu jeli memanfaatkan potensi desa khususnya Danau Cecuho untuk dijadikan objek wisata alternatif karena masih sedikit sekali objek wisata di Kabupaten Muara Enim ini. Apalagi jika dimanfaatkan dengan maksimal maka Danau Cecuho berpotensi menjadi destinasi menarik untuk ditawarkan kepada wisatawan lokal ataupun luar daerah yang dapat menambah pendapatan desa disamping menumbuh kembangkan UMKM disekitar Danau Cecuho sendiri.


"Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya Kami (Pemkab. Muara Enim) tidak akan tinggal diam, kami akan dukung melalui Dinas Pariwisata dan E-kraft yang tentunya berkolaborasi dengan pengelola desa wisata termasuk perusahaan melalui CSR-nya supaya pesona Danau Cecuho ini dapat benar-benar memikat daya tarik para wisatawan," ucap Pj Bupati.


Lebih lanjut, tekait lomba bidar mini di Danau Cecuho ini, sangat mendukung kegiatan ini untuk dijadikan event rutin atau masuk dalam kalender wisata Kabupaten Muara Enim karena akan semakin mengenalkan Danau Cecuho sebagai alternatif destinasi wisata serta mendukung perkembangan sektor pariwisata di Bumi Serasan Sekundang.


Dalam kesempatan tersebut pula, Pj Bupati turun langsung ke Danau Cecuho dengan menaiki perahu bidar sebagai bentuk rasa bangganya terhadap keberadaan Danau Cecuho yang merupakan aset wisata kebannggaan warga masyarakat Desa Muara Lawai dan sekitar.


"Terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah ikut dalam kepengurusan kegiatan ini, kedepan mungkin bisa diikutsertakan para kepala OPD dalam kepengerusuan kegiatan seperti ini, karno kalo bukan kito siapo lagi yang begerak melestarikan budaya seperti ini,"tegas Pj. Bupati.


Dirinya juga berharap melalui perlombaan bidar ini dapat menghasilkan bibit-bibit unggul atlet-atlet dayung terbaik untuk diseleksi, dibina dan dikembangkan agar kedepan dapat menjadi atlet olahraga dayung daerah mewakili Kabupaten Muara Enim di tingkat Provinsi maupun Nasional 


Nampak hadir diantaranya, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab Muara Enim ataupun yang mewakili, Ketua PODSI, Ketua PODSI serta jajaran Pemerintah Desa Muara Lawai.

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.