BERITA TERKINI

Keutamaan Kalimat Basmalah






Oleh : Albar Sentosa Subari (dosen Fakultas Hukum Unsri)

Marsal ( Penghulu KUA Kecamatan Muara Enim)

Atha meriwayatkan, Jabir bin Abdullah  ra mengatakan, Tatkala turun Bismillahirrahmanirrahim, mendung menjauh ke timur, angin tenang, laut bergolak, bintang mendengar kan dengan telinganya, setan terlempar dari langit dan Allah swt, bersumpah dengan keagungan Nya. Nama Nya tidak disebut atas penyakit, kecuali Dia menyembuhkan. Sjapa saja membaca Bismillahirrahmanirrahim, dia masuk surga. Demikian kata Syekh Abdul Qadir al - Jailani.
Nabi Muhammad saw bersabda " Tiada seorang hamba yang membaca Bismillahirrahmanirrahim, kecuali setan mencair, seperti timah mencair di atas api.

Ibnu Masur ra mengatakan Setan mukmin itu kurus.
Nabi Muhammad saw bersabda Siapa saja yang mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim satu kali, maka satu atom dari dosa dosanya tidak ada yang tersisa. (maksudnya dosa kecil)

Sementara dalam riwayat Khatib al Baghdadi dan ibnu Asakir, dari Zaid bin Thabit ra, disebutkan, Bila kamu menulis Bismillahirrahmanirrahim, maka jelaskan sin kepadanya. Yang dimaksud sin adalah dengan semestinya, demi mengagungkan nama Allah swt.

 Nabi Muhammad saw bersabda Bila salah satu dari kalian menulis Bismillahirrahmanirrahim, hendaklah dia memanjangkan kata ar - rahman. Maksudnya, bila dia menulisnya, hendaklah memanjangkan huruf lam dan mim pada kata ar Rahman dan memberi lubang untuk nun, dan menulis dengan baik. Demikian riwayat Khatib dan Dalimi dari Anas bin Malik ra.



Nabi Muhammad saw bersabda, Sesungguhnya Allah swt menghiasi langit dengan bintang bintang, menghiasi para malaikat dengan Jibril, menghiasi surga dengan bidadari bidadari dari istana istana, menghiasi lara nabi dengan Muhammad saw, menghiasi hari hari dengan hari jumat, menghiasi malam malam dengan Lailatul Qadar, menghiasi bulan bulan depan bulun Ramadhan, menghiasi masjid masjid dengan ka'bah, menghiasi kitab kitab dengan Al Qur'an, dan menghiasi al Quran dengan Bismillahirrahmanirrahim.

Yang dimaksud bintang adalah, matahari, rembulan dan bintang. Jibriel adalah pimpinan para malaikat. Sepuluh hal dihiasi dengan sepuluh hal.
Nabi Muhammad saw Bersabda, Siapa saja mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, namanya tertulis diantara mereka yang berbakti, dan dia terbebas dari kekafiran dan kemunafikan.
Abu Wail meriwayatkan, bahwa Ibnu Mas'ud ra berkata, Siapa saja yang ingin diselamatkan Allah swt dari malaikat Zabaniah (malaikat siksa) yang jumlahnya sembilan belas, hendaklah dia mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim.Karena Bismillahirrahmanirrahim terdiri atas sembilan belas huruf, agar Allah swt, menjadikan masing masing hurufnya sebagai perisai satu malaikat Zabaniyah.

Nabi. Muhammad saw bersabda, Siapa saja yang mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, maka Allah swt mengampuni dosa dosanya yang telah lalu.
Nabi Muhammad saw bersabda, Bila kalian berdiri, maka ucapkanlah Bismillahirrahmanirrahim wa Shallallahu ala sayyidina Muhammadin wa ' ala Alihi wa Shahbihi wa Sallam. Karena sesungguhnya bila manusia mengunjungi kalian, malaikat akan melarang mereka dari hal itu.

Nabi Muhammad saw bersabda, Bila kalian duduk pada satu majelis, maka ucapkanlah Bismillahirrahmanirrahim wa Shallallahu ala Sayyidina Muhammad wa ala Alihi wa Shahbihi wa Sallam. Karena sesungguhnya orang berbuat demikian, Allah menyerahkan malaikat kepadanya dan melarang mereka dari perbuatan menggunjing, sehingga mereka tidak menggunjing kalian.
(Redaksi)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.