BERITA TERKINI

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

 

Oleh :

H. Albar Sentosa Subari ( Ketua Pembina Adat Sum Sel )

Dan


Marsal ( Penghulu KUA Kecamatan Muara Enim )


Muara Enim,Khatulistiwanews.com
Keutamaan malam Nisfu Sya'ban  di anugerahkan Allah SWT kepada orang orang Mukmin berupa pengampunan dosa sebagai mana dalam Firman Nya di dalam Qur'an Surat Al-Anfal 38. ............ Allah pasti akan mengampuni mereka atas dosa dosa yang Sudah lalu.......
Berkenaan dengan keutamaan Nisfu Sya'ban, secara khusus dijelaskan dua hadis berikut:
RasulullaShallahualai hiwassalam bersabda " Allah subhanahuwataala, turun (ke dunia) pada malam Nisfu Sya'ban dan mengampuni seluruh makhluk Nya, kecuali orang orang musyrik dan orang yang bermusuhan (dengan saudaranya sesama Muslim) HR. Ath. Thabrani dadaAl Albani).

Rasulullah shallahualaihiwassalam bersabda pula : Tuhan pemelihara kita turun ke langit dunia pada malam nisfu sya'ban dan mengampuni seluruh penduduk bumi, kecuali orang orang musyrik dan orang yang bermusuhan (kepada saudaranya sesama muslim. ( HR. Ibnu Abi Ashim dan al Albani).
Setidak tidaknya ada lima hikmah yang dapat kita petik dari hadis yang menerangkan keutamaan malam nisfu sya'ban ini yaitu

1. Allah Subhanahu wataala turun Ke langit dunia (namun ini bukan hanya malam tersebut, bahkan setiap sepertiga malam (.HR. Bukhari Muslim). Sedangkan pada malam nishfu sya'ban, Allah subhanahuwataala turun ke langit dunia mulai permulaan malam yang diawali dengan terbenam nya matahari.

2. Hendaknya setiap muslim memperbanyak doa pada malam itu.

3. Allah subhanahu wataala sangat luas ampunan Nya (QS an Nisa':110)

4. Orang yang bermusuhan sesama muslim  tidak mendapatkan ampunan.

5. Orang musyrik tidak mendapatkan ampunan.
Perlu dicatat bahwa ada hadis hadis lemah bahkan palsu  masalah nisfhu sya'ban. (Lihat hadis hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim lainnya untuk dapat mengetahui derajat hadis yang berkembang mengenai iru. (sumber DR. Mahran Mahir Utsman: buku ke 3).


Sementara itu Rasulullah SAW berkata bahwa bulan Sya’ban sering kali dilupakan umat muslim, karena berada di antara bulan Rajab dan Ramadhan, sementara bulan Ramadhan lebih mendapat tempat karena diwajibkan atas kamu berpuasa dan menunaikan zakat. Padahal, seperti yang dikatakan oleh Al-Imam As-Subkiy

“Malam Nisfu Sya’ban menghapuskan dosa satu tahun, malam Jumat menghapuskan dosa selama satu minggu dan malam lailatul Qadar menghapuskan dosa seumur hidup.”

Jika pada malam ini kamu dianjurkan untuk banyak melakukan amalan baik, apa sebenarnya keutamaan Nisfu Sya’ban? Berikut beberapa Hadis yang menjelaskannya:
Bulan Diampuni Segala Dosa
Kala itu, Aisyah RA bercerita, suatu malam ia tidak bisa menemukan Rasulullah SAW. Ia pun keluar dan mencari beliau, dan menemukannya di area pemakaman Baqi’ sedang mendongak menatap langit.
Lalu, Rasulullah SAW berujar,

“Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla akan turun ke langit dunia pada malam Nisfu Sya’ban dan mengampuni (dosa) yang banyaknya melebihi jumlah bulu domba dari Bani Kalb.” Hadis ini diriwayatkan oleh Ahmad, Ibnu Majah, dan Turmudzi.

Tidak hanya itu, Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari RA berbunyi, “Sesungguhnya Allah pada malam Nisfu Sya’ban mengawasi seluruh makhluk-Nya dan mengampuni semuanya, kecuali orang musyrik atau orang yang bermusuhan.”
Bulan Diterimanya Semua Doa. Keutamaan Nisfu Sya’ban selanjutnya adalah bulan ini menjadi waktu terbaik untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT, karena Allah SWT akan mendengar dan mengijabah semua doa yang dituturkan oleh umat-Nya.

Sebagaimana Hadis yang diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Baihaqi dari Usman bin Abi Al-’Ash, Rasulullah SAW berkata, “Apabila datang malam Nisfu Sya’ban, ada pemanggil (Allah) berseru: ‘Apakah ada orang yang memohon ampun dan Aku akan mengampuninya? Apakah ada yang meminta dan Aku akan memberinya? Tidak ada seorang pun yang meminta sesuatu kecuali Aku akan memberinya, kecuali wanita zina atau orang musyrik.”

Tidak hanya itu, malam Nisfu Sya’ban pun menjadi waktu yang tepat untuk kamu memohon dilancarkan segala urusan, dipermudah segala masalah, dilapangkan segala kesempitan, hingga diberkahi rezeki yang halal.(Redaksi)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.