BERITA TERKINI

3 Golongan Manusia Yang Diharamkan Masuk Surga



Oleh : H. Albar S Subari, SH. SU ( Ketua Pembina Adat Sumatera Selatan / Peneliti Hukum Adat Indonesia )


Marsal ( Penghulu Kecamatan Muara Enim / Pemerhati Hukum Adat )

Ammar bin Yasir ra menuturkan bahwa Rasulullah saw bersabda : ada tiga golongan manusia yang tidak akan masuk surga selamanya :dayyuts, kaum laki-laki dari kalangan perempuan dan pecandu khamr.

Para sahabat berkata: wahai Rasulullah, adapun pecandu khamr sudah kami ketahui, namun dayyuts itu ?  Rasulullah saw menjawab yaitu laki laki yang tidak mempedulikan siapa yang masuk menemui istrinya. Mereka bertanya Siapa kaum laki-laki dari kalangan wanita. Beliau menjawab: wanita yang berperilaku seperti laki laki dan menyerupakan diri dengan nya ( HR. Ath-Thabrani).
Rasulullah saw menjelaskan arti dayyuts adalah lelaki yang tidak memperdulikan siapa yang keluar masuk menemui isterinya.

Menjaga kehormatan dan harga diri merupakan sifat terpuji. Sa'ad bin Ubadah ra berkata: jika aku melihat seorang laki-laki bersama istriku, tentu akan kutebas lehernya dengan pedang.

Mendengar perkataan Sa'ad, Rasulullah saw bersabda Apakah kamu heran terhadap kecemburuan Sa'ad. Demi Allah, aku lebih pencemburu darinya, dan Allah lebih pencemburu dariku, maka dari itu Allah mengharamkan perbuatan perbuatan keji, baik yang terang terangan maupun yang tersembunyi ( HR. Bukhari dan Muslim).

Pencandu khamrs : Rasulullah saw bersabda Dahulu kala, ada seorang laki-laki yang rajin beribadah kepada Allah swt dan hidup mengasingkan diri. Suatu hari, ada seseorang pelacur jatuh cinta pada nya, lalu dia mengirim budak perempuan nya untuk memanggil laki laki itu dan bersaksi untuknya dalam suatu urusan. Ketika sampai di rumah nya, wanita itu mengunci pintu dan membawa laki laki itu kesebuah ruangan, dimana telah menanti seorang anak kecil dan sekendi khamrs: wanita itu berkata: sesungguhnya kami memanggilmu kesini bukan untuk urusan bersaksi, akan tetapi untuk berzina dengan ku, atau membunuh anak kecil ini atau meminum khamrs. Apabila engkau menolak, maka aku akan berteriak dan mempermalukan mu.
Merasa terpojok dan tidak punya pilihan lain, akhirnya laki laki itu memilih untuk meminum khamars, karena dosanya paling ringan. Setelah meminum nya, ia pun mabuk, kemudian dia berbuat zina dan membunuh anak kecil. Maka dari itu jauhkanlah dirimu dari minuman khamrs, karena keimanan tidak akan pernah kumpul dengannya untuk selamanya dan salah satu keduanya akan mengusir yang lain nya ( HR. Nasai, Baihaqi dan ibnu Hiban)
Wanita yang menyerupai pria.
Bukhari meriwayatkan hadits dari Abdullah bin Abbas ra. Bahwa Rasulullah saw melaknat pria yang menyerupai wanita dan wanita menyerupai pria.

 Demikian juga bermakna sama dengan hadits di atas yang disampaikan oleh Ahmad meriwayatkan hadits dari Umar ra, omeh Abu Dawud dari Abu Hurairah.
Sebagai penutup uraian ini bahwa maksud dari dalil dalil tentang haramnya masuk surga bagi pelaku maksiat dan dosa dosa tertentu adalah dalam pengertian ridak masuk surga tanpa diazab terlebih dahulu, karena semua dosa selain dosa syirik berada dalam kehendak Allah swt dan tidak ada satu dosapun yang menyebabkan seseorang kekal di neraka selain syirik  sebagaimana firman Allah swt. Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dua mengampuni segala dosa yang lain dari syirik itu.,bagi siapa yang dikehendaki Nya. Siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa besar (.QS. an Nisa' ayat 48).(Redaksi)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.