BERITA TERKINI

Peningkatan Pendapatan Keluarga Dengan PKK

 

Makarti Jaya Khatulistiwa News.com. – Usaha peningkatan pendapatan keluarga dengan PKK terus dicanangkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, Hj. Neni Slamet. Yang kali ini melakukan penilaian di Desa Tirta Kencana, Kecamatan Makarti Jaya, Selasa (21/07/2020).

Penilaian halaman asri, teratur, indah dan nyaman bersama PKK (HATINYA PKK), kali ini merupakan penilaian ke 5 (lima) besar dari nominasi untuk ikut lomba ke HATINYA PKK tingkat Provinsi.

Dari 13 (tigabelas) profil desa yang diajukan untuk penilaian HATINYA PKK tersaring 6 (enam) Kecamatan yang dilihat dari profil desa.

Untuk Kecamatan yang tidak masuk dalam 6 (enam) kategori HATINYA PKK, akan diberikan pembinaan dalam administrasi, pemanfaatan perkarangan, dan lainnya.

H. Sarip, SP., MM selaku Camat Makarti Jaya memaparkan bahwa Kecamatan Makarti Jaya telah melaksanakan pemanfaatan perkarangan rumah dengan cara menanam melalui polibag dan hidroponik. Ini dilakukan mengingat kondisi tanah rawa.

“Kami Kecamatan Makarti Jaya siap dalam mendukung dan melaksanakan 7 (tujuh) program Banyuasin Bangkit yakni Petani Bangkit. Dengan membina masyarakat dalam pemberdayaan lahan perkarangan merupakan satu upaya pemenuhan pangan mandiri,” jelasnya.

Pemberdayaan lahan perkarangan adalah upaya dan usaha peningkatan pendapatan keluarga. Hal inilah yang selalu digaungkan dan dibina oleh PKK. dr. Fitri menegaskan bahwa kedepan disetiap Kecamatan akan terus dilakukan pembinaan dan pelatihan dalam upaya kesejahteraan keluarga mandiri.

“Tahun depan, 2021 untuk PKK Mart diupayakan setiap Kecamatan memilikinya. Agar hasil kerajinan, olahan pangan dan lain-lain dapat secara baik dipasarkan,” tegasnya.

“Nanti juga akan diadakan pelatihan buat Ibu-ibu camat dan pengurus Kecamatan untuk pembinaan peningkatan pendapatan keluarga mandiri. Saya harap peran PKK nantinya akan terus besar dalam kesejahteraan masyarakat Banyuasin,” tutupnya.

Dihadiri Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, Hj. Neni Slamet, Penasehat PKK, Hj. Maizo, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Banyuasin, Hj. Hamida Senen Har, Ketua TP PKK Kecamatan Makarti Jaya, Hj. Sopiah, S.Pd, pengurus TP. PKK Kabupaten dan Kecamatan.(Sandi)

 

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.