BERITA TERKINI

SIBA Rossela Lawang Kidul Lakukan Panen Perdana Bunga Rosella




Tanjung Enim,Khatulistiwa News.com
Tim PKK Kelurahan Pasar Tanjung Enim dan Desa Lingga bersama Tim CSR PT Bukit Asam (tbk) melakukan panen perdana budidaya tanaman Rosella di areal Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim, Sabtu (22/8/2020) Kemarin.

Budidaya tanaman rosella yang sedang di galakkan kelompok tim Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Rosella Tanjung Enim sebagai bahan baku pembuatan teh dan sirup rosella mempunyai  banyak manfaat  untuk kesehatan karena kaya kandungan  vitamin c dan antioksidan yang sangat cocok untuk menangkal vrus corona.

Tanaman berwarna merah maron  berbahasa latin hibiscus sabdariffa ini, selain untuk kesehatan juga merupakan tanaman jenis obat-obatan yang mudah di budidayakan sehingga dapat  membuka peluang bisnis bagi keluarga dan masyarakat karena jika di olah menjadi minuman dan cemilan dapat menghasilkan uang guna memenuhi kebutuhan keluarga dan masyarakat luas.

Ketua SIBA Rosella Dian Afriani, di sela panen menyampaikan pihaknya bersama Tim SIBA Rosella sudah melakukan penanaman sekitar 1500 batang dan telah panen semenjak bulan Februari 2020 lalu.

Dikatakannya, dari hasil panen 10 hingga 20 kilogram bunga rosella segar dapat di olah menjadi 300 botol sirup Rosella ukuran 250 miliiter .
Terhitung Februari hingga Agustus 2020 SIBA Rosella telah berhasil memproduksi 3500 botol dan 4000 kotak teh celup Rosella dan 2000 poch.

“ Kami menucapkan terima kasih kepada PT BA Tbk yang telah merangkul kami menjadi binan sehingga dapat maju dan berkembang serta membuka prospek peluang usaha menjanjikan  terutama di saat menghadapi pandemi covid 19 ini. Tanaman ini membuka peluang bisnis meningkatkan perekonomian warga dan bisa  menjadi oleh-oleh dari kota tanjung enim sebagai kota wisata.

Sementara itu, Nesti Gestonaini, selaku Ketua Pembibitan Siba Rosella mengatakan bahwa, budidaya tanaman rosella mulai dari pembibitan, pengolahan lahan, penanaman, perawatan dan pemupukan hingga panen dilakukan oleh Tim Siba Rosella.

Atas jerih payah dan kekompakan dalam mengembangkan tanamanan ini hingga membuahkan hasil juga tidak terlepas dari pendampingan CSR PT BA Tbk yang telah memberikan sumbangan material dan pembinaan tak lupa kami ucapkan terima kasih.


Sementara itu, Manager Humas, Komunikasi dan ADM Korporat PT BA, Iko Gusman mengatakan . PT BA terus berupaya tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar.

Di katakannya Iko Tanaman ini membuka peluang bisnis meningkatkan perekonomian warga dan dapat  mendukung program kota Tanjung Enim sebagai kota wisata dalam hal penyediaan produk lokal sebagai oleh-oleh.

PT BA akan selalu berupaya untuk membangun hubungan harmonis di tengah lingkungan yang lestari, bermanfaat serta berusaha mewujudkan masyarakat yang sejahtera mandiri dan berwawasan lingkungan. "Pungkasnya.(Redaksi)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.