BERITA TERKINI

Melalui Program CSR PTBA Produksi Bunga Rosella Optimis Dapat di Ekspor

 



Muara Enim,Khatulistiwa News.com. Ada sekitar 12  kelompok tani  aktif yang telah berhasil melakukan penanaman bibit bunga rosella dan saat ini sudah melakukan pemanenan  secara bertahap telah melakukan penjualan bunga Rosella ke SIBA Rosella  yang merupakan binaan dari CSR PT Bukit Asam Tbk Tanjung Enim

 Banyaknya penjualan yang masuk ke Siba Rosella, membuat tempat pengolahan sedikit kewalahan dan tidak tertampung sehingga diperlukan upaya lain agar di satu sisi tanaman tidak rusak dan para petani tidak dirugikan.

Upaya ini dilakukan oleh tim Siba Rosella yang melakukan kunjungan sekaligus upaya penanggulangan dari hasil pemanenan bibit rosella yang sudah dilakukan pemanenan oleh para petani  di Desa Tanjung Serian  berikut melihat secara langsung proses atau standar penjemurannya.


Kita memberikan solusi kepada para petani sehingga tidak dirugikan dengan cara tetap melaksanakan pemamenan  pengupasan dan penjemuran di lokasi masing-masing mengingat tempat penampungan kita yang ada di desa Lingga Siba Centre  sudah penuh ungkap ketua Pembibitan Nesti Senen didampingi Ketua bidang penasaran Lily Indarni Sabtu (24/4/22)

Sosialisasi seperti ini wajib kita sampaikan kepada para petani sehingga mereka mempunyai alternatif setelah melaksanakan pemanenan. Upaya ini juga sudah kita sampaikan kepada para petani yang ada di desa desa dalam Kecamatan Tanjung Agung Ujan Mas, Muara Enim dan Kecamatan Lawang Kidul terangnya.

Amir (52) salah satu petani rosella asal Desa Tanjung Serian yang dikunjungi Tim Siba rosella menuturkan, Jika beberapa hari yang lalu kita melakukan penjualan dalam bentuk bunga rosella basah dan dikarenakan banyaknya penjualan yang telah diterima sehingga tempat tidak tertampung, sementara jadwal pemanenan harus kita lakukan,

Dengan demikian kita harus mencari solusi adalah dengan upaya pengeringan  sehingga kita  melakukan penjualan dan dalam bentuk bunga rosella kering. Dengan demikian baik petani maupun pengolah  tidak dirugikan urainya.

Sementara Asisten Manager Bina wilayah CSR PT BA Tbk Ali Posan menyebut Bahwa saat ini kita sudah melakukan penjajakan pemasaran bunga rosella di berbagai wilayah luar provinsi dan salah satunya kita sudah mendapat Mitra pembeli bunga rosella yang berkantor di Provinsi Lampung. Kita juga berharap agar rencana penjualan secara ekspor diharapkan dapat terwujud salah satu negara tujuan yaitu di Australia jelasnya.

Diketahui bahwa dari hasil bunga rosella ini telah diolah berbagai macam produk diantaranya teh seduh Sirup dan Cake pie Rosella ketiga jenis ini sudah ada di pasaran,  dan telah mengikuti beberapa pentas pameran di berbagai kota utamanya di kota Palembang yang telah mendapat respon positif dari Gubernur Sumsel H Herman Deru. (Redaksi)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.