BERITA TERKINI

Peringatan Hari Kartini ke 142 Tangguh di Tengah Pandemi Covid 19.

 






Muara Enim, Khatulistia News,com.

Dinas Pemberdayaan Perempuaan dan Perlindungan Anak Kabupaten Muara Enim, Mengadakan Peringatan Hari Kartini ke 142 yang diadakan di Gedung Putri Dayang Rindu. Jum at (23/4/21)


Acara dihadiri oleh Plh Bupati Muara Enim, Dr H Nasrun Umar Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten  Muara Enim, Danrindam II/Sriwijaya,  Ketua Bawaslu Kabupaten Muara Enim, Ketua Dharma wanita Persatuaan Provinsi. Sumatera  Selatan Para Kepala Dinas Kabupaten Muara Enim, Para Ketua Organisasi Wanita Kabupaten Muara Enim.


Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan peringatan Hari Kartini ini Menjelaskan, Dasar Pelaksanaan ini adalah Keputusan Bupati No 494/ DPPA/2021. Tentang Panitia Peringatan Hari Kartini Ke 142 Kabupaten Muara Enim Tahun 2021.


Tujuan Kegiatan ini yang Pertama, adalah Memperingati Hari Kartini Ke 142 yaitu, Mengenang Jasa Jasa RA Kartini Sebagai Mementum dalamansipasi  Kaum Perempuan untuk Meningkatkan Perannya dalam Pembangunan di Kabupaten Muara Enim.


Yang Kedua, Meningkatkan Semangat Kaum Perempuan Menjadi Motor Penggerak dalam Kesertaan Gender Menuju Kabupaten Muara Enim untuk rakyat yang Agamis, Berdaya Saing,Mandiri dan Agamis.


Yang Ketiga, Tema Hari Kartini Kabupaten Muara Enim adalah Kartini Tangguh ditengah Pandemi Covid 19.


Yang Keempat, Kegiatan yang dilaksanakan ini adalah Kegiatan Rutin yang Merupakan Program Program Kerja Dinas Pembeedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bekerjasama dengan Team Penggerak PKK Serta Seluruh Organisasi Wanita dalam Kabupaten Muara Enim.


Ditegaskan pula  panitia bahwa Kegiatan yang kami Lakukan  Cukup Sederhana karena di tengah Pandemi Covid 19, berupa Pemberian Makan Buka Puasa Bagi Tiga Panti Asuhan dan Dua Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Muara Enim, yang di Laksanakan Pada Tanggal 19 - 22 April Tahun 2021.


Yang kemudian di Lanjukan dengn Upacara peringatan Hari Kartini Pada Tanggal 23 April 2021 dan diselingi acaranya Lomba Penilaian Baju Kebaya  Terbaik.


Plh Bupati Muara Enim, DR.H. Nasru Umar S.H Menyampaikan, Kartini adalah Inspirasi sekaligus motivasi bagi kita semua tidak Hanya Bagi Kaum Perempuan, Kartini Bukanlah Satu Satunya Pelopor Emansipasi Wanita, Mungkin yang Pertama yang Bisa Kita ikuti Secara Sejarah Bahwa Kaum Perempuan dibelahan indonesia Lainnya yang juga memperjuangkan Emansipasi Wanita, seperti saya sebutkan Kala Perang Kayo Rasuna Said dari Sumatra Barat, Cutnya Din ada di Aceh, dan Sumatra Selatan Khususnya Palembang ada yang Nyayu Ratu Sinuhun istri Dari Pangeran Sinuking Kenayan Raja Pelembang Pada Tahun 1639.


Dan Undang Undang Simbur  Cahaya yang Mengatur urusan Pemerintahan  Hingga sosial Budaya, Kesetaraan Hak Hak Perempuan dengan Laki Laki.

Dan hususnya Perang Besar Menjadi islam Ternyata Pelopornya adalah istri dari Raja Pelembang Pengeran Sinoking Kenayan, itulah Ratu Sinuhun Sejak Abad  17.


Jadi Saya Harapkan Perempuan indonesia Empat abad Kemudian pada abad ke 21 ini Harus Lebih Maju dari Perempuan yang sudah mempelopori emansipasi ini, dan Saya yakin dari Duplikat wajah wajah ini ada rasa Optimisme bahwa Kaum Perempuan sudah saatnya setara dengan kaum Laki Laki,  tanpa melupakan Kodratnya sebagai Seorang Ibu.



Pemerintah Kabupaten Muara Enim betul betul Mensuport kesetaraan gender bagi hak hak kaum Perempuan  dan ni tantangan yang harus dijawab joleh kaum Perempuan, dengan cara  banyaklah Berkarya, Banyak banyaklah Karsa, 


Mari kita fokuskan kedepan Memberi arahan Kebijakan Pembangunan Sebagai yang di harapkan Masyarakat Kabupaten Muara Enim, Bumi Serasan Sekundang.(Raswan)


Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.