BERITA TERKINI

BPK – RI Gelar Launching Strategic Foresight

 



JAKARTA,Khatulistiwa news.com (21/10) - Pada hari Kamis (21/10), Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK – RI) mengadakan acara launching Buku Pendapat (Strategic Foresight) BPK RI di Gedung Pusat BPK RI jalan Gatot Subroto No. 31, Jakarta Pusat. Jakarta


Sesuai Pasal 11 huruf a Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 Tentang Badan

Pemeriksa Keuangan RI, maka BPK telah menyusun buku Pendapat (Strategic Foresight) BPK RI dengan judul “Membangun Kembali Indonesia dari Covid – 19 : Skenario, Peluang dan Tantangan Pemerintah yang Tangguh. ”


Adapun, dalam acara launching Buku Pendapat BPK RI itu, Ketua BPK RI Dr. Agung Firman Sampurna, Wakil Ketua BPK-RI Dr. Agus Joko Pramono, serta anggota 7 yang termasuk dalam struktur BPK RI.


Acara diadakan secara onsite dan online, dengan peserta melalui online para pejabat keuangan daerah tingkat provinsi.


Melalui sambutan dari Ketua BPK RI, mengucap syukur atas launching Pendapat (Strategic Foresight) BPK. “Kita bersyukur akan hari ini. Selain launching Pendapat BPK, juga me-launching situs http://foresight.bpk.go.id/. Ketika membicarakan foresight BPK, kita melibatkan peran serta masyarakat Indonesia dalam hal BPK RI mengeluarkan laporan pemeriksaan BPK. ”


“Foresight BPK dilakukan dengan melibatkan para pejabat tinggi negara, para praktisi dan masyarakat yang dapat memberikan masukan data kepada BPK RI. Covid -19 disertai disrupsi teknologi dan inovasi telah membuat dunia memasuki era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity).”


Peran BPK sebagai supreme audit Institution, yang mana Oversight - Insight - Foresight. Di awal tahun ini, dimana bahan pendapat untuk program jaminan sosial, dan pengelolaan Otsus Papua. Dengan diselesaikan dan dirampungkan peran Foresight. Di samping itu, peran Foresight turut pula memerlukan peran masyarakat. Terlebih, ditambah dengan adanya disturbsi ekonomi, akibat pandemik.


Foresight BPK dilakukan dalam menghadapi ketidakpasitan tersebut dengan cara menyusun kajian perspektif jangka panjang mengenai berbagai kondisi, peluang, tantangan dan risiko yang mungkin terjadi di masa dan pasca Pandemi.


“Dalam Foresight BPK jelaskan 4 Skenario untuk masa mendatang menghadapi tantangan dan peluang dalam melewati pandemi, ” ujar Ketua BPK-RI kala memaparkan foresight BPK RI.


Setelah peluncuran foresight, acara dilanjutkan terkait situs resmi http://foresight.bpk.go.id/. Kemudian acara dilanjutkan dengan konfrensi pers yang langsung Ketua BPK-RI memberikan keterangan kepada pemerintah.(Niko)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.