BERITA TERKINI

Pj Sekda : Diskusi Tematik I SKPD Terkait Harus Fokus Tangani Kemiskinan dan Wilayah Kumuh di Muara Enim.

 




Muara Enim, Khatulistiwa News- (1/11)
Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar diskusi Tematik 1 program kota tanpa kumuh atau kotaku yang berlangsung di ruang Pangripta Sriwijaya kantor Bappeda Muara Enim Senin (1/11/21)

Pembukaan diskusi tematik 1 dihadiri oleh
tim leader OC 4  program kotaku Provinsi Sumatera Selatan,  Seluruh Kepala Badan Dinas dan instansi beserta jajaran lingkup pemerintah yang tergabung dalam kelompok kerja pengembangan perumahan dan kawasan permukiman,   lembaga keswadayaan masyarakat atau LKM serta undangan lainnya.

Sambutan Bupati Muara Enim yang disampaikan oleh PJ Sekda Muara Enim Drs Emran Tabrani mengatakan bahwa Pemkab Muara Enim komitmen dalam program pembangunan secara khusus masalah penanggulangan kumuh dan miskin di Kabupaten Muara Enim sebagaimana diketahui penanggulangan Kemiskinan menjadi prioritas dalam rencana pembangunan Kabupaten Muara Enim melalui program kota tanpa kumuh atau kotoku, agar program ini dapat berlanjut dan efektif perlu dibutuhkan kerjasama semua pihak melalui diskusi tematik diharapkan dapat meningkatkan fokus program tersebut yang ditujukan kepada masyarakat miskin agar lebih efektif dan efisien dan mampu mengakses kegiatan produktif yang bersifat formal sekaligus juga manfaat nya.terang Sekda.

Pj Sekda juga menyebut dalam penanggulangan kemiskinan Kita juga harus meningkatkan pelayanan maupun akses terhadap pelayanan dasar intervensi dan pengembangan kualitas sumber daya manusia keluarga miskin agar dapat memutus rantai kemiskinan.

Dari sisi produksi diupayakan agar kelompok pendapatan rendah dapat berpartisipasi dalam kegiatan produktif untuk itu berbagai program peningkatan keterampilan dan penyediaan seperti modal infrastruktur dasar dan fasilitas untuk mendukung perkembangan usaha mereka yang masih berskala mikro.

Jika demikian pada gilirannya akan dapat meningkatkan skala usaha dan bermitra dengan pelaku usaha lainnya sehingga mampu keluar dari garis kemiskinan.

Oleh karenanya program penanggulangan kemiskinan sangat penting untuk benar-benar diterima dan dinikmati oleh masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan.

Terkait sasaran antar berbagai program sangat penting untuk diarahkan kepada sasaran wilayah  miskin dan permukiman kumuh

Selanjutnya Sekda juga menekankan agar seluruh SKPD yang berkaitan dengan pengembangan infrastruktur ekonomi kerakyatan dan pemukiman kumuh dapat menjadi Fokus utama tegasnya

Selanjutnya dilakukan acara diskusi Tematik 1 yang dipandu oleh Rio Adidharma, SE  Jabatan Asisten Mandiri KOTAKU Kabupaten. Muara Enim  dan Ketua Panitia Pelaksana Diskusi Tematik 1

dengan Jumlah Peserta sebanyak 65 orang  terdiri dari Anggota POKJA PKP dan LKM.

Diskusi secara Offline dan Virtual dengan narasumber Tim Leader TL dan Tenaga Ahli  TA OC-4 Program KOTAKU Sumsel (jazz)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.