BERITA TERKINI

INGIN JADI KETUA PWI MUARA ENIM KETUA PANITIA KONPFERKAB PINTA KUASAI 10 KRITERIA PEMIMPIN




MUARA ENIM KHATULISTIWA NEWS,- Ketua Panitia Konferkab Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Muara Enim Periode 2022 hingga 2025 Azhari,S.Pd, meminta semua bakal calon Ketua PWI Muara Enim harus menguasai 10 kriteria jiwa kepimpinan, hal ini disampaikan Azhari di  kantor Redaksi Khatulistiwa News Jalan Ayik Putih Rumah Tumbuh Muara Enim pada Minggu, (1/2)


Menurut Azhari, Kriteria pemimpin yang ideal sudah sering kali dibahas, baik di buku, di artikel yang tersebar di internet, bahkan di forum-forum diskusi. Di dunia ini, sudah banyak pula tokoh pemimpin yang mampu menginspirasi karena memiliki gaya kepemimpinan yang patut diteladani. 


Juga katanya karakter seorang atasan sangat berkontribusi terhadap perkembangan kinerja anggota ataupun suatu Organisasi yang berada di bawah kepemimpinannya. Pemimpin yang baik juga mampu memberikan pengaruh positif, dan memaksimalkan potensi yang dimiliki tim untuk menunjukkan progres ke arah yang lebih baik. 


Dijelaskan oleh Azhari, ada beberapa kriteria pemimpin yang wajib diketahui. Kriteria atau kemampuan ini kalau Anda miliki, maka bisa menunjukkan kredibilitas Anda sebagai seorang atasan. 10 Kriteria Pemimpin yang Harus dimiliki yakni : 



Pertama setiap pemimpin punya sikap kepemimpinan yang berbeda-beda tergantung karakter dan kepribadiannya. Namun perlu diketahui, ada kriteria tertentu yang akan membedakan pemimpin yang ideal dan kredibel dengan pemimpin yang biasa saja. 


Kedua Integritas

“Kualitas tertinggi dari kepemimpinan yang ideal adalah integritas. Tanpanya, tidak ada kesuksesan yang nyata.” Pernyataan tersebut pernah diucapkan oleh Presiden Amerika Serikat ke-34, Dwight D. Eisenhower. Kejujuran dan integritas adalah kunci utama untuk menjadi seorang pemimpin ideal. Pemimpin yang jujur tentu akan mendapatkan karyawan yang jujur pula.


Ketiga Menginspirasi

Kriteria pemimpin ideal selanjutnya adalah mampu menginspirasi banyak orang dengan memberikan contoh-contoh terbaik. Pemimpin seperti ini akan tahu tugas dan peran pemimpin dalam perusahaan. 


John Quincy Adams mengatakan, jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih banyak, maka Anda adalah seorang pemimpin.


Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Seorang pemimpin ideal adalah yang mampu mengkomunikasikan visi dan misi dengan baik. Bahkan, memiliki strategi komunikasi efektif yang kemudian menciptakan pola komunikasi yang solid antar karyawan yang dipimpinnya. Komunikasi menjadi aspek paling krusial dalam membangun budaya kerja yang produktif.


Keempat Kemampuan Pengambilan Keputusan


Kriteria pemimpin ideal selanjutnya adalah mampu mengambil keputusan yang tepat di waktu yang tepat. Keputusan yang Anda ambil harus memberi dampak besar bagi seluruh anggota tim untuk mencapai kesuksesan bersama. 


Dalam mengambil keputusan, seorang pemimpin juga tidak segan untuk berdiskusi dengan bawahannya untuk mendapatkan banyak pilihan solusi untuk dipertimbangkan. Hal ini karena, pemimpin perlu cerdas menganalisis permasalahan dan jitu dalam pengambilan keputusan.


Kelima Kreatif dan Inovatif

Steve Jobs, seorang tokoh bisnis yang berpengaruh, mengatakan bahwa salah satu hal yang membedakan seorang pemimpin dengan pengikut adalah inovasi. Untuk terus bersaing di dunia yang serba cepat ini, Anda harus kreatif dan inovatif. Dua hal tersebut yang akan membuat Anda dan tim menonjol dari yang lain. Ide-ide out of the box dibutuhkan untuk terus menciptakan inovasi. Untuk caranya agar kreatif dan inovatif, Anda bisa mengikuti dan menerapkan tips berpikir lebih kreatif dan penuh dengan inovasi.


Ke Enam Akuntabilitas

Arnold H. Glasow menyebutkan kriteria pemimpin ideal seharusnya siap menerima lebih banyak kritikan atas kesalahan daripada pujian atas keberhasilan. Sikap kepemimpinan tanpa sekat adalah yang dapat mengajak seluruh individu di dalam timnya bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Hal ini, tentu akan dapat dibina jika Anda sebagai pemimpin memiliki akuntabilitas.


Ke Tujuh Percaya Diri dan Optimis

Keahlian pemimpin masa depan berikutnya yang harus Anda miliki adalah percaya diri. Percaya diri ini bisa meliputi kesiapan Anda dalam mengambil keputusan, kesediaan Anda mengambil risiko, dan kepercayaan yang Anda berikan kepada tim Anda dalam menangani sebuah tugas.


Anda perlu mengembangkan rasa percaya diri, sehingga Anda memiliki sikap optimis atas tanggung jawab yang diberikan kepada Anda. Selanjutnya, karyawan yang Anda pimpin pun bisa ikut optimis dengan tantangan yang dihadapi bersama. Tumbuhkan keyakinan bahwa Anda dan tim akan mencapai kesuksesan yang diinginkan.


Ke Delapan Kecerdasan Emosional

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tidak hanya cerdas secara kognitif, namun juga cerdas secara emosional. Pemimpin ideal mampu mengendalikan emosi dalam situasi segenting apa pun dan tetap tenang dalam menghadapi konflik yang terjadi. 


Ke Sembilan Kecerdasan emosional juga berperan penting dalam meningkatkan kesadaran sosial dan menjalin komunikasi yang efektif. Pemimpin yang cerdas secara emosi tidak akan mengambil keputusan dengan terburu-buru atau mementingkan ego pribadi, melainkan tetap mengedepankan rasionalitas.


Kriteria Pemimpin Ideal Bisa Dilihat dari Sikap Kepemimpinanya yang transparansi dan berinovasi

Transparansi

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kepercayaan tim Anda, dengan transparansi. Sikap terbuka terhadap akses informasi yang penting kepada seluruh karyawan menjadi kunci untuk dapat memimpin dan memberi rasa aman kepada semua orang yang dipimpin. Dengan memberikan akses informasi yang terbuka, Anda akan mendapatkan keterlibatan tim untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.


Ke Sepuluh Memperlakukan Orang Lain dengan Baik

Kriteria pemimpin yang terakhir, pemimpin wajib punya kemampuan memperlakukan orang lain, terutama bawahan, dengan memberikan rasa hormat. Bawahan Anda adalah manusia seperti Anda, yang pantas diperlakukan dengan bermartabat. Jadikan anggota tim Anda sebagai teman untuk berbagi tanpa harus melewati batas privasi masing-masing. Anda dapat berlaku tegas, namun pastikan Anda tidak melukai harga diri karyawan Anda.


Kriteria pemimpin yang ideal memang dibutuhkan agar Anda disegani oleh anggota tim Anda. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, Anda harus memiliki sikap kepemimpinan yang baik pula. (Redaksi).

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.