BERITA TERKINI

Persiapan Sambut Imlek 2573 Kelenteng di Tangerang Kota, Kapolres dan Kapolsek Kunjungi Langsung Situasi Aman Terkendali

 


TANGERANG,Khatulistiwa News (31/01) - Jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili pada 2022 ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Ke depan, 15 hari dari sekarang akan merayakan Cap Go Meh.


Kapolres Tangerang Kota Kombes Pol Komarudin ditemani oleh Kapolsek Karawaci sektor Pasar Baru sempat datang mengunjungi ke Wihara Nimmala, Boen San Bio siang hari tadi. Situasi aman terkendali di rumah ibadah kelenteng tersebut berada di Jalan K.S Tubun Pasar Baru yang juga berlokasi di Tangerang Kota.


Sementara, suasana persiapan ibadah di Kelenteng Boen Tek Bio yang berada di jalan Kisamaun Kelurahan Pasar Lama Kota Tangerang, Wihara yang dibangun semenjak tahun 1973, menurut rencana dari pihak Panitia acara sembahyang akan dimulai semenjak jam 22.00 WIB malam Senin (31/01).


Ibu Yanti, perwakilan salah seorang jajaran pengurus Khongcu Bio katakan acara sembahyang mulai jam 23.00 WIB, biasanya ada tarian, kali ini semenjak pandemik tidak ada lagi.


Diketahui, pengelola kelenteng sudah menyiapkan peraturan harus diikuti umat, di samping itu pihak pengelola kelenteng sudah menyiapkan sarana prasarana penunjang sembahyang, seperti hio, kertas swikim, lilin, dan buah buahan (anggur, jeruk, manggis, duku) untuk persembahan.


Lanjutnya, mengenai protokol kesehatan, semuanya, sudah dilakukan semenjak H-2 (Tahun Baru Imlek) kemarin, sebut Bu Yanti.


Di samping itu, umat wajib mengenakan masker, mencuci tangan sebelum memasuki area kelenteng, serta memiliki suhu tubuh yang normal." Yang pasti, diimbau sudah dua kali vaksinasi Covid-19, suhu tubuhnya sesuai dengan protokol kesehatan," ucapnya.


Diketahui, Perkumpulan tempat ajaran (ibadah) Khongcu Bio 'Khong Hu Cu' di kelenteng Boen Tek Bio yang diresmikan pada tahun 1995 oleh Kurnia Hermawan selaku ketua umum perkumpulan Boen Tek Bio pada tahun itu. Sementara gedung kelenteng dibangun semenjak 19 Januari 1969 dan selesai pada 3 Mei 1970.


Sementara, giat di Kelenteng Boen Tek Bio, Kota Tangerang, akan dibuka untuk ibadah pada Tahun Baru Imlek 2573 yang jatuh pada Selasa, 1 Februari 2022.


Sedari pihak pengelola kelenteng memastikan hanya masyarakat yang mematuhi protokol kesehatan yang bisa datang dan beribadah di sana.


Sekretaris Badan Pengurus Klenteng Boen Tek Bio Ruby Santamoko berujar, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah peraturan yang wajib dipatuhi.


Menurutnya, peraturan yang ada kali ini dipersiapkan secara lebih matang dibandingkan tahun sebelumnya.


Bu Wati, ketua pengurus Klenteng Boen Tek Bio (BTB)turut ucapkan rasa puji syukur dan berterimakasih pada jelang hari Raya Tahun Baru Imlek para umat berkumpul dan beribadah bersama di kelenteng BTB.


" Kami berharap, para umat bersukacita dan semangat menyambut tahun baru," ujar Dia mengatakan


Kami memohon pandemik covid - 19 bisa tuntas, hilangkan tindakan intoleran, dan ujaran kebencian yang dapat memecah belah persatuan kesatuan bangsa Indonesia, hingga bisa menuju bangsa Indonesia yang tangguh di dunia Internasional, kata Bu Wati.


Di samping itu, saat di lokasi Cin Wan selaku Dewan Pembina pengurus  Klenteng Boen Tek Bio mengatakan, Puji syukur kepada Tuhan, meski dalam musibah covid kita melaksanakan sembahyang untuk menyambut tahun baru Imlek.


" Tentunya, lebih kurang ramai karena kondisi dan situasi seperti ini. Jika dengan kondisi normal, biasanya ada atraksi barongsai, namun kali ini kita tidak bisa melangsungkan kegiatan seperti itu," ujar Dewan Pembina pengurus  Klenteng Boen Tek Bio itu


Di lokasi, umat yang hadir nampaknya juga tidak capai dari 50 persen jumlah umat." Kita berdoa ,agar musibah ini bisa cepat berlalu. Dan semua, ekonomi aktivitas belajar mengajar bisa berlangsung seperti sediakalanya," imbuhnya.


Lebih dari 50 tahun, hampir 70 tahunan, usia kelenteng ini. Harapan, semoga kita semua mendapat kelancaran, dan semoga covid 19 bisa segera berakhir, pintanya berharap (Icha)

Khatulistiwa News Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.